hero

EDITOR : DIAN KENCANA DEWI

11 April 2017, 06:00 WIB

JEPANG

Jalan-jalan dengan menggunakan kimono, foto-foto di Shibuya Crossing dan di depan patung Hachiko,
hingga mencoba angkutan umumnya. Ini adalah beberapa aktivitas wisata yang sering dilakukan para wisatawan saat berlibur ke Jepang.

Hmm...Bosen dengan wisata mainstream saat di Jepang? Coba deh datangi Tsukiji Fish Market. Terletak di distrik Chuo, Tokyo, ini adalah pasar grosir ikan dan seafood terbesar di dunia.Salah satu atraksi yang menjadi incaran, adalah proses lelang tuna-nya. 

Suasana lelang tuna di Tsukiji Fish Market

Tapiiii, untuk bisa melihat lelang tuna, kamu harus datang jam 4 pagi ya. Karena untuk melihat proses lelang hanya diperbolehkan untuk 120 orang per hari. Siapa cepat, dia dapat. Proses lelang dimulai pukul 05.30 pagi dan 06.30 pagi. Wisatawan diperbolehkan melihat proses lelang selama 20 menit.

Meski harus bangun pagi-pagi buta, melihat secara langsung lelang tuna di Tsukiji Fish Market akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan deh. Bayangin aja, tuna yang dilelang, ukurannya melebihi tubuh orang dewasa. Harganya bisa mencapai miliaran rupiah! Ckckck.

Nah, kalau udah liat lelang tuna, wajib berkeliling pasar. Banyaaak banget kios makanan yang cocok untuk sarapan. Menunya kebanyakan olahan seafood. Bagi para pecinta sushi, pasar ini surganya.

Kios-kios Sushi yang ada di Tsukiji Fish Market

Tsukiji Fish Market berdiri sejak tahun 1935 dan punya dua area, di dalam dan luar pasar. Kalau kamu kesiangan, ngga perlu khawatir, masih bisa kok mengeksplor pasar ini. Bagian dalam pasar, adalah salah satu yang wajib dilihat, dan baru dibuka untuk umum jam 9 pagi waktu setempat. Kamu bisa melihat jual beli seafood grosir. Dan yang nggak kalah seru, melihat keahlian para pedagang disini mem-fillet tuna.

Serunya wisata disini, semuanya free of charge alias gratis. Intinya, just make the time, and you will experience things that will not be forgotten.

Oh ya, tahun lalu sempat ada wacana pasar ini akan dipindah ke lokasi lain yang lebih modern di Tosoyu Fish Market, yang letaknya di distrik Koto, Tokyo. Namun hingga april 2017 ini, belum ada kepastian soal pindahnya pasar ini. So, buruan deh jalan-jalan kesini. Pasar ini buka dari jam 3 pagi hingga jam 3 sore, tutup setiap hari minggu, rabu (satu atau dua kali sebulan) dan tanggal merah. 

INSIDE JAPAN | JAPAN TIMES

 


 

 

 

 

 

 

4

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments