hero
Kejadian Danu W. Subroto menampar Emelia Yanti. (ISTIMEWA)

EDITOR : TITO SIANIPAR

10 April 2017, 16:10 WIB

INDONESIA

Kepala Satuan Intelejen dan Keamanan Polres Tangerang Ajun Komisaris Besar Danu W. Subroto kedapatan menampar perempuan aktivis buruh Emelia Yanti. Polisi minta maaf setelah videonya viral di internet.

"Kami menyesalkan kejadian tersebut dan memohon maaf atas ketidaknyamanannya," kata Kepala Polres Metro Tangerang Komisaris Besar Harry Kurniawan, di Tangerang, Senin, 10 April 2017.

Kejadian itu terjadi pada Minggu, 9 April 2017 ketika buruh berdemonstrasi dai Tugu Adipura Tangerang. Mereka adalah buruh dari Panarub Dwikarya juga dari Victory Cingluh Indonesia (VCI) dan Panarub Industry (PI).

Ketika itu, Danu bersama anggota polisi lainnya dan Satpol PP Tangerang hendak membubarkan aksi buruh tersebut. Namun Emelia sebagai pimpinan aksi menolak membubarkan diri karena ada aksi massa serupa.

Adu mulut di Tugu Adipura Tangerang. (ISTIMEWA)

Alasan aparat membubarkan aksi adalah peraturan wali kota Tangerang yang melarang demo hari Sabtu dan Minggu. Sementara Emelia berkukuh aksi mereka justru dilindungi undang-undang.

Dalam video yang beredar, Emelia terlibat adu mulut dengan aparat yang dipimpin Danu. "Apa yang dilanggar oleh saya? Barusan ada pawai, polisi diam," kata Emelia. 

Sesaat setelah ucapan itu, tangan Danu melayang menampar Emelia. Rekan-rekan aparat yang lainnya berusaha menahan Emelia yang hendak membalas tindakan kekerasan oleh Danu itu.

Akibat insiden itu, Danu diperiksa di Propam Polres Tangerang atas tindakannya menampar perempuan itu. "Hari ini ditindalanjuti pemeriksaannya di Polda untuk diberlakukan sanksi," kata Harry.

Apel di Polres Tangerang sehari pasca insiden. (NET/Dimas)

Menurut Harry, Danu sudah menyatakan khilaf atas tindakannya tersebut. "Secara pribadi sudah meminta maaf kepada saya sebagai pimpinan dan siap menanggung resikonya," pungkas Harry.

DIMAS ARIF SETIAWAN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments