EDITOR : REZA ADITYA

6 April 2017, 19:00 WIB

CIREBON, INDONESIA

Video aksi kekerasan yang dilakukan kumpulan pelajar siswa sekolah menengah pertama di Cirebon beredar luas. Dalam gambar bergerak itu terlihat seorang siswa SMP sedang menganiaya murid beda sekolah. Tayangan tersebut menjadi viral di media sosial.

Setelah ditelusuri, ternyata siswa yang melakukan penganiayaan itu adalah pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Suranenggala, Cirebon, Jawa Barat. Pihak sekolah mengakui hal itu.

Potongan video kekerasan yang dilakukan pelajar SMP di Cirebon. (NET)

"Ada lima orang yang melakukan pemukulan," kata Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Suranenggala, Didin Maulidin, di kantornya, Kamis, 6 April 2017. "Semuanya kelas IX (Sembilan)."

Lima orang siswa itu memukul pelajar Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Gunungjati, Cirebon. Motif pemukulan hingga saat ini masih diselidiki.

Namun dugaan sementara, pemukulan itu dipicu akibat kesalahpahaman. Komplotan pemukul dan korban yang dihantam merupakan teman sepermainan. Pemukulan itu dilakukan karena korban diduga berafiliasi dengan kelompok sepermainan lain.

Didin mengatakan akan memberi sanksi kepada pelaku pemukulan itu. "Pihak sekolah akan memberikan sanksi skorsing, pembinaan tadi sudah dipanggil orang tuanya," ujar Didin.

Potongan tayangan kekerasan yang dilakukan pelajar SMP di Cirebon. (NET)

 

Beredarnya video kebengisan itu disayangkan warga sekitar.  Iskandar, salah satu masyarakat setempat, menilai dengan alasan apapun, segala bentuk kekerasan antarsesama pelajar tidak boleh terjadi.

"Meskipun itu pertemanan, tapi apapun alasannya kan berantem, sangat tidak mendidik," ujar dia. "Kecewa dengan pendidikan yang ada di sini karena tidak mencerminkan sikap seperti pelajar, malah seperti aksi premanisme."

PRADESTA BAGUS

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments