hero
Terpidana korupsi wisma atlet Anas Urbaningrum (kiri) dan Ketua DPR Setya Novanto (kanan). (NET.Z/Vino Fernando)

EDITOR : REZA ADITYA

6 April 2017, 06:30 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Pengadilan Tindak Pidana Korupsi hari ini, Kamis, 6 April 2017 kembali menggelar sidang dugaan korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Dalam sidang kali ini, jaksa menghadirkan sejumlah nama penggede.

"Saksi untuk sidang Anas Urbaningrum, Setya Novanto, Ade Komarudin," kata hubungan masyarakat Pengadilan Tipikor, Yohanes Priyana, melalui keterangannya, Rabu, 5 April 2017.

Ketua DPR Setya Novanto. (NET)

Nama Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Setya Novanto disebut dalam dakwaaan Iman dan Sugiharto, terdakwa kasus korupsi proyek e-KTP. Dalam dakwaan itu, Novanto disebut terima duit senilai Rp 574 miliar.

Novanto dalam dakwaan itu juga disebut mengatur pengadaan proyek kartu identitas elektrik bersama dengan Anas Urbaningrum, yang saat itu menjabat sebagai Ketua Fraksi Partai Demokrat.

Terpidana korupsi wisma atlet Hambalang dan juga bekas Bendahara Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum. (ANTARA)

 

Anas dalam beleid itu juga disebut terima duit senilai US$ 500 ribu yang diberikan melalui perantara bernama Eva Ompita Soraya. Pemberian itu kelanjutan dari penyerahan yang telah dilakukan pada bulan April 2010 sejumlah US$  2 juta.

Selain dua nama penggede itu, rencannya hari ini jaksa penuntut umum juga akan menghadirkan beberapa saksi lainnya. Mereka adalah Achmad Fauzi, Dudy Susanto, Ade Komarudin, Anang Sugiana Sudiharjo, Suciatim, Markus Nari.

Terdakwa Irman dan Sugiharto di sidang dakwaan. (ANTARA)

 

Kemudian Evi Andi Noor Alam, Johanes Richard Tanajaya, Yimmy Iskandar Tedjasusila. Ade Komarudin pada saat itu menjabat sebagai Sekretaris Fraksi Golkar.

Dalam dakwaan, dia disebut terima duit senilai US$ 100 ribu. Sedangkan Anang Sugiana Sudiharjo merupakan Direktur Utama PT Quadra Solution yang merupakan salah satu perusahaan konsorsium proyek itu.

MAYFREE SYARI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments