hero
Mourinho yang tak kunjung menangkan laga. (ESPN)

EDITOR : TITO SIANIPAR

5 April 2017, 18:10 WIB

INGGRIS

Manchester United memang tak terkalahkan selama lima bulan terakhir, tapi mereka selalu gagal memaksimalkan kesempatan yang ada. Pada laga melawan Everton, Rabu, 5 April 2017, bermain di depan publik sendiri, MU bersusah-payah menyelamatkan satu poin. 

MU kebobolan duluan babak pertama oleh Phill Jagielka. Hingga menit ke-90, Everton yang kehilangan Ashley Williams pasca diusir wasit tetap unggul. Zlatan Ibrahimovic menyelamatkan MU dengan gol di menit ke-94. Itupun lewat titik putih.

Kesulitan MU seperti itulah yang kini menjadi sorotan terhadap Jose Mourinho. Sebelum Everton, United ditahan imbang klub-klub papan tengah seperti Stoke City, Bournemouth, Hull, West Bromwich Albion. "Ada gol yang dianulir offside meski kenyataannya tidak," kilah Mou.

Hasil seri membuat anak-anak Ronald Koeman itu hanya terpaut tiga poin dari tim asuhan Mourinho, dengan sama-sama mengoleksi 14 kemenangan. MU unggul dengan banyaknya hasil seri yang mereka panen.

Gol Ibra menyelamatkan satu poin. (REUTERS)

Hasil seri demi hasil seri itu membuat Mou jadi bahan gunjingan. Ia menggelontorkan 157 juta Poundsterling untuk membangun timnya, termasuk pemain termahal dunia saat ini Paul Pogba. Tapi hasilnya sejauh ini hanya peringkat kelima klasemen terpaut 15 angka dari pemuncak Chelsea.

Sejak kedatangannya ke Inggris, Mou memang tak pernah lepas dari kontroversi.  Di Chelsea, ia menjuluki dirinya sendiri sebagai 'Special One'. Tapi pencapaiannya bisa disaingi Roberto Di Matteo yang memenangkan Liga Champions untuk publik Stamford Bridge. 

Pada periode keduanya di Chelsea, Mou menyebut dirinya sebagai 'Happy One', tapi gagal mendapatkan kebahagian. Sekarang di Manchester United, Jesse Lingard menyebut Mourinho sebagai 'The Funny One' atau 'Si Lucu', dan aneh tapi nyata, kali ini julukan itu terealisasi. 

Mourinho yang selalu penuh kontroversi. (TWITTER/manutd)

Catatan Mou sebenarnya tidaklah buruk. MU baru menelan tiga kekalahan di Premier League sejauh ini. Catatannya masih lebih baik dibanding Louis van Gaal ataupun David Moyes, yang mengoleksi 48 poin dari 29 laga liga mereka. Tapi itu belum cukup untuk memenuhi ekspektasi klub sekelas MU.

BBC SPORT | OPTA | ESPN

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments