hero
Polda Sumatera Selatan. (NET/Ardhiansyah)

EDITOR : ALFIAN SYAFRIL

3 April 2017, 16:05 WIB

SUMATERA SELATAN, INDONESIA

Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian mengultimatum delapan anak buahnya yang bertugas di Polda Sumatera Selatan. Musababnya, delapan bawahannya itu terindikasi menerima duit suap rekrutmen Korps Bhayangkara.

"Sejumlah bintara dan perwira menengah, tertinggi kombes. Delapan orang ditangkap dan diproses. Nanti akan kita sidang kode etik, kalau perlu dipecat," kata Tito di Padang, Senin, 3 April 2017.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian. (NET)

Kedelapan orang yang ditangkap masih diperiksa Divisi Profesi dan Pengamanan Polri. Tito meminta setiap Polda melaksanakan rekrutmen dengan bersih dan transparan.

Pada Jumat pekan lalu, Tim Propam Polri menangkap delapan anggota Polda Sumsel terkait dugaan pungutan liar penerimaan anggota Polri.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Agung Budi Maryoto, menjelaskan penangkapan anggota dan penyitaan uang bukan hasil Operasi Tangkap Tangan (OTT). "Jadi sekali lagi ini bukan OTT. Ini murni kemauan kita untuk bersih-bersih," kata Agung di Mapolda Sumsel.

Kapolda Sumsel Irjen Agung Budi Maryoto. (NET)

Pemeriksaan berawal dari adanya komplain pihak keluarga pelamar pada saat penerimaan Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) 2017. Agung meminta Tim Propam Mabes Polri untuk membantu melakukan pemeriksaan. Hasilnya ditemukan penyimpangan saat rekrutmen tahun sebelumnya.

Menurut Agung, barang bukti yang disita uang sebesar Rp 6,7 miliar. Uang itu diamankan dari rekening 11 orang anggota polisi dan 4 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Polda Sumsel. Disita juga telepon seluler, buku tabungan, sertifikat tanah, BPKB motor dari hasil seleksi.

Uang barang bukti suap. (NET)

Dari pengembangan kasus, anggota Polda Sumsel yang diduga menerima suap bertambah menjadi 15 orang. Mereka telah dibebastugaskan dari jabatannya. 

Agung menambahkan, pihaknya telah mengganti panitia rekrutmen anggota Polri untuk April 2017, dengan panitia yang baru. 

RIO MAI PUTRA | ARDHIANSYAH NUGRAHA

35

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments