hero

EDITOR : MATHILDA RINALDI

1 April 2017, 13:30 WIB

AMERIKA SERIKAT

Setelah tahun lalu meraih penjualan fantastis untuk produk Galaxy S7 dan S7 Edge, tepat pada 29 Maret 2017 perusahaan asal Korea Selatan tersebut akhirnya mengeluarkan produk lanjutan seri S nya yaitu Galaxy S8 dan S8+ dalam event Samsung Unpacked 2017 di New York, Amerika.

Peluncuran perangkat ini dilihat sebagai momen penting bagi Samsung, apalagi setelah perusahaan besar ini terpaksa menghentikan produksi dari Galaxy Note 7, karena banyak kasus terbakarnya perangkat tersebut.

Berikut adalah hal-hal yang kamu perlu tau seputar Galaxy S8 dan S8+, seperti yang dilansir dari Telegraph.

Desain
Hanya dengan melihat desain dari S8, menunjukkan bahwa Samsung telah melakukan sesuatu yang baru. Desain "infinity display" menjadi yang paling menarik perhatian karena Bagian depan ponsel terlihat penuh dengan layar kaca dengan sedikit garis di bagian atas untuk kamera depan dan sedikit garis di bagian bawah.

Galaxy S8 dan S8+ ponsel pintar pertama Samsung yang tanpa tombol di bagian depan. (Youtube)

Produk teranyar Samsung ini hadir dalam dua ukuran, 5,8 inci untuk S8 dan 6,2 inci untuk S8 +.

Selain layar, dalam peluncuran pertamanya, S8 hadir dalam tiga varian warna, yaitu Orchid Gray, Midnight Black dan Arctic Silver, tetapi tidak menutup kemungkinan akan hadirnya warna Coral Blue dan Gold dikemudian hari.

Terdapat 5 pilihan warna. (Youtube)

Spesifikasi

Spesifikasi Samsung Galaxy S8 dan S8+. (Telegraph)

Samsung telah menaikkan kekuatannya, yaitu 10 persen lebih cepat untuk prosesor dan 20 persen grafis lebih cepat dari S7.Untuk kamera, S8 memberikan kesempatan para penggunannya untuk menggonta-ganti posisi kamera depan atau belakang walau dalam kondisi zoom. Kemudian ada filter dan lensa wajah seperti Snapchat.

Smartphone yang ramah dengan aplikasi Snapchat. (Youtube)

Samsung juga menggembar-gemborkan fitur “multi frame image processing”, yaitu ketika mengambil foto, secara langsung menghasilkan tiga foto, dimana dua foto lainnya berfungsi untuk mempertajam foto pertama.

Perangkat Lunak
Untuk S8, Samsung membenamkan sistem operasi Android 7.0. Selain itu, tidak banyak inovasi tertentu untuk bagian perangkat lunak, apalagi fitur multi-window sudah lama diperkenalkan dan dipakai diberbagai perangkat ponsel pintar Samsung.

Salah satu fitur andalan Samsung Galaxy. (Youtube)

Pemindai sidik jari, wajah dan mata juga ditanamkan dalam S8. Berbeda dengan edisi S terdahulu, kini pemindai sidik jari pindah ke bagian belakang ponsel, tepatnya disamping kamera. Kemudian, pemindai wajah milik S8 terlihat lebih halus dibandingkan Note 7.

Bixby
S8 turut menghadirkan Bixby, asisten cerdas baru milik Samsung. Bixby diklaim memiliki kemampuan lebih daripada Siri atau Google Assistant, tak hanya dapat memberi tahu prakiraan cuaca, Bixby juga akan sangat terintegrasi dengan fungsi sehari-hari S8 seperti mengambil foto dan mengirimnya ke orang lain.

Bixby teknologi interkatif Samsung. (Youtube)

Samsung menempatkan tombol Bixby khusus pada sisi kiri ponsel.

Lainnya
S8 juga memiliki fitur tahan air dengan sertifikasi IP68, sehingga tak menjadi masalah jika masuk dalam air.

Kecepatan download pada ponsel ini diperkirakan hingga 1GBps.

Sedangkan untuk kapasitas baterai, kira-kira setara dengan S7 yang hadir tahun lalu.

Selain Galaxy S8 dan S8+, Samsung juga meluncurkan versi baru dari headset realitas virtualnya, Gear VR, dan DEX, sebuah alat yang memungkinkan S8 berubah menjadi komputer desktop.

Gear VR (kiri) dan Gear 360 (kanan). (Youtube)

S8 dan S8 + akan mulai dijual pada 28 April mendatang dan dibanderol £ 689 (sekitar Rp 11.300.000) untuk S8 dan £ 779 (sekitar Rp 12.800.000) untuk S8+.

TELEGRAPH

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments