hero
Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath. (NET/Romi)

EDITOR : REZA ADITYA

31 Maret 2017, 11:05 WIB

INDONESIA

Polisi menangkap Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath atas dugaan makar. Al Khaththath ditangkap pagi tadi bersama sejumlah orang lainnya.

"Saat ini yang bersangkutan masih dalam penangkapan dan belum ditahan," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Raden Prabowo Argo Yuwono kepada NET.Z, Jumat, 31 Maret 2017.

Sekretaris Jenderal Forum Umat Islam (FUI) Muhammad Al Khaththath konferensi pers jelang aksi 313. (NET)

Beberapa orang lainnya yang juga ditangkap atas dugaan makar adalah Zainudin Arsyad, Irwansyah, dan Dikho Nugraha. Argo mengatakan institusinya masih mengejar satu orang lagi yang bernama Andry.

Al Khaththath merupakan pimpinan FUI yang menginisiasi Aksi 313 hari ini. Dia rencananya akan memimpin ratusan umat menggugat Presiden Joko Widodo mencopot Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dari jabatannya sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Peserta aksi 313 memadati masjid Istiqlal. (NET)

 

Belum juga memimpin aksinya, Khaththath keburu diciduk aparat atas dugaan makar. Polisi hingga saat ini belum memberikan keterangan detail perannya dalam dugaan menjatuhkan pemerintahan tersebut.

Adapun sejumlah massa Aksi 313 kali ini terlihat mulai memadati Masjid Raya Istiqlal, Jakarta Pusat. Massa berasal dari sejumlah daerah. Mereka bahkan rela menginap di masjid terbesar Asia Tenggara itu sejak semalam.

Peserta aksi 313 di Masjid Raya Istiqlal. (NET)

 

Agenda aksi bela Islam kali ini dimulai setelah salat Jumat. Massa akan berjalan kaki menuju depan Istana Merdeka. Nantinya, mereka di sana akan berorasi menuntut Presiden Joko Widodo mencopot Ahok sebagai gubernur.

Alasannya, Ahok saat ini menyandang status sebagai terdakwa penoda agama. Dalam Undang-undang tentang Pemerintahan Daerah, disebut bahwa seorang kepala daerah yang menyandang status terdakwa harus diberhentikan dari jabatannya.

TIM LIPUTAN | MAYFREE SYARI

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments