EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

29 Maret 2017, 08:10 WIB

KOREA UTARA

Korea Utara (Korut) sudah jadi destinasi traveling bagi sebagian orang. Karakter negaranya yang misterius justru dinilai seru. Tapi di balik itu, Korut punya hal unik lainnya lho, yaitu kehadiran Pyongyang Traffic Girls (PTG) atau cewek-cewek pengatur lalu lintas.

Para petugas ini bisa kita temukan di berbagai persimpangan jalan Pyongyang. Mereka berseragam rapi khas polisi lalu lintas. Penampilan yang menarik, membuat traffic girls dikagumi banyak warga Korea Utara, khususnya para cowok.

YouTuber asal Indonesia, Jaka Parker, merekam kegiatan petugas ini secara sembunyi-sembunyi. Lewat video yang direkam pada periode 2015-2016 ini, kita bisa melihat aktivitas traffic girls dan peranannya di tengah masyarakat Korea Utara. Berikut ini beberapa hal menarik tentang Pyongyang Traffic Girls:  

Bukan Cewek Sembarangan

Korea Utara Traffic Girl. (Laughingsquid)

Enggak semua wanita bisa berprofesi sebagai petugas lalu lintas lho. Pimpinan Korea Utara menerapkan standar yang cukup tinggi untuk pekerjaan ini.

Untuk menjadi traffic girls, cewek-cewek ini harus memenuhi sejumlah syarat. Antara lain, berusia 16-26 tahun, tinggi minimal 160 cm, belum menikah dan yang paling penting berpenampilan menarik. Setiap petugas juga harus berpendidikan minimal SMA. Jadi, wajar kan kalau banyak cowok yang tertarik sama cewek-cewek ini.

Punya Fanbase Khusus Traffic Girl

Korea Utara Traffic Girl. (The Velvet Rocket)

Saking banyaknya orang yang tertarik dengan Pyongyang Traffic Girl, ada website khusus yang dibuat oleh para fans. Situs ini memuat berbagai info soal petugas lalu lintas tersebut. Setiap bulan juga ada pemilihan Traffic Girl of The Month untuk petugas yang paling jadi favorit.

Selain itu, dalam website-nya juga ada menu lain yang masih terkait petugas lalu lintas ini. Seperti game, galeri foto, bahkan kolom puisi untuk penggemar yang mau menumpahkan perasannya ke traffic girls. Fanbase juga menyediakan merchandise berupa boneka dan kalender bergambar PTG.

Punya Seragam Modis

Korea Utara Traffic Girl. (The Velvet Rocket)

Penampilan traffic girls yang menarik juga ditunjang dengan seragam mereka. Cewek-cewek ini punya beberapa seragam yang didesain sesuai musim.

Saat musim panas, mereka akan memakai seragam berupa baju lengan panjang putih atau biru, sepatu pantofel dan rok mini. Kalau hujan, tersedia raincoat bening yang membuat seragamnya tetap terlihat.

Di musim dingin, seragamnya berupa coat dengan bulu di bagian leher dan pergelangan tangan. Sementara rok mini dan pantofel diganti dengan celana panjang dan sepatu boots sebetis. Untuk penutup kepalanya, mereka akan memakai topi bulu sebagai penghangat.

Siap Bekerja Keras

Korea Utara Traffic Girl. (The Velvet Rocket)

Modal menjadi traffic girl bukan hanya penampilan menarik. Tapi juga harus siap kerja keras, bahkan dengan tradisi ala militer. Saat mengatur lalu lintas, gerakan mereka harus tegap agar meyakinkan pengguna jalan. Untuk berpindah tempat, pergerakannya juga seperti baris-berbaris.

Waktu bertugas, cewek-cewek ini akan berada tepat di tengah jalan. Posisinya ditandai dengan area lingkaran berwarna putih. Ada juga spot yang dilengkapi payung untuk melindungi mereka dari sinar matahari.

Dari sini mereka akan mengatur lalu lintas secara manual. Apalagi aliran listrik di Korut sering terputus, sehingga lampu lalu lintasnya sering enggak berfungsi.

Walau begitu, cewek-cewek ini tetap berdedikasi pada pekerjaannya. Dalam salah satu video Jaka, terlihat seorang traffic girl yang berusaha berjalan tegap dan enggak mencuri kesempatan buat duduk. Padahal dia sudah terlihat kecapekan dan gerakannya terpatah-patah.

Statusnya Lebih Terpandang dari Warga Biasa

(The Sun)

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, cewek-cewek petugas lalu lintas ini jadi lebih terpandang. Profesi ini dinilai lebih prestis dibanding pekerjaan lain yang dilakoni cewek-cewek Korut. Pendapatan sebagai traffic girls juga cukup tinggi.

Selain gaji, petugas lalu lintas ini mendapat keuntungan lain. Seperti jatah makanan harian, fasilitas perumahan dan layanan kesehatan gratis, serta preferensi untuk melanjutkan sekolah atau kerja di tempat yang lebih benefit.

Konon, profesi wanita pengatur lalu-lintas ini menjadi spesial karena Kim Jong-un. Pemimpin Korea Utara ini pernah diselamatkan oleh traffic girl pada suatu kecelakaan misterius. Tapi pihak pemerintah Korut tidak memberi konfirmasi terkait hal tersebut.

YOUTUBE: JAKA PARKER | BERBAGAI SUMBER

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments