hero

EDITOR : MATHILDA RINALDI

26 Maret 2017, 17:30 WIB

DUBAI

Siapa yang tidak tahu film fenomenal RoboCop? Karena booming-nya film yang mengangkat kisah polisi robot di tahun 1987 lalu ini, sampai dibuat versi remake-nya lho di tahun 2014 kemarin.

Nah jika polisi robot yang dulunya hanya sekedar fantasi fiksi ilmiah, kini hal tersebut akan segera menjadi kenyataan nih guys.

Seperti yang dikutip dari Gulf News (21/03/2017), Kepolisian Kota Dubai telah mengkonfirmasi bahwa pada Mei tahun ini akan ada polisi robot yang berpatroli di jalan-jalan kota Dubai.

Brigadir Abdullah Bin Sultan mengatakan kepada Gulf News, "Kami berharap agar lebih banyak robot di masa depan untuk menangani berbagai tugas kepolisian,"

Jika di versi film RoboCop polisi robot tersebut bertugas untuk memburu para penjahat yang melakukan pembunuhan, versi nyatanya nanti akan menangani pelanggaran-pelanggaran yang masih dalam taraf ringan saja.

Nantinya, masyarakat dapat melaporkan bentuk-bentuk kejahatan kepada polisi robot yang dilengkapi dengan fitur touchscreen di bagian dada dan kerennya, polisi robot ini dapat memahami berbagai bahasa alias multibahasa.

Sebelumnya, Kepolisian Kota Dubai telah meluncurkan prototipe robot yang sangat membantu masyarakat ini di pameran Gulf Information Technology Exhibition tahun lalu. Kepolisian Kota Dubai juga ingin polisi robot ini menjadi kekuatan sebesar 25 persen untuk kepolisian Dubai pada tahun 2030.

"Pada tahun 2030, kami ingin membuat robot yang berjumlah sekitar 25 persen dari total kepolisian." kata Brigadir Khlaid Nasser Al Razouqi.

"Kita juga akan memiliki kantor polisi pintar pertama yang tidak akan membutuhkan karyawan manusia." tambahnya.

Robot polisi bertugas untuk pelayanan masyarakat di tempat umum. (The Telegraph)

Polisi robot ini dirancang agar ramah juga kepada masyarakat, mulai dari memberi salam dan berjabat tangan. Polisi robot ini juga dapat digunakan sebagai media oleh masyarakat yang ingin membayar denda lalu lintas dan menyerahkan dokumen.

Wah, kalau di Indonesia kira-kira cocok gak ya pakai polisi robot seperti di Dubai?
 
GULF NEWS | TELEGRAPH

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments