hero
Kumpulan ojek online di Bogor. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

23 Maret 2017, 14:35 WIB

INDONESIA

Kepala Polri Jenderal Tito Karnavian geram atas bentrokan antara pengemudi ojek online dengan sopir angkot yang terjadi di Bogor, Jawa Barat. Dia meminta bawahannya segera menangkap dan menindak pelaku dari dua kubu itu jika kembali cekcok.

"Saya meminta segera lakukan langkah proaktif," ujar Tito, di kantornya, Kamis, 23 Maret 2017. "Saya tadi pagi juga sudah memberi pengarahan kepada Kapolda."

Dia juga meminta masyarakat menahan diri untuk tidak memprovokasi aksi bentrok lanjutan. Menurut Tito, konflik yang terjadi antara transportasi online versus angkutan konvensional sudah selesai.

Angkot yang dirusak akibat bentrok dengan ojek online di Bogor. (NET)

 

Musababnya, telah ada revisi Revisi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak dalam Trayek. Beleid itu mulai berlaku pada 1 April 2017.

Menurut Tito isi dalam aturan itu sudah mengakomodir kepentingan dua moda transportasi. "Online dengan adanya revisi itu sudah diakui, tidak merugikan transportasi konvensional. Begitu juga sopir angkot konvensional, jangan membalas aksi."

Pada Rabu malam kemarin, ratusan pengemudi transportasi online kembali kelahi dengan sopir angkutan konvensional di Bogor, Jawa Barat. Insiden dipicu salah satu pengemudi ojek dalam jaringan yang mengaku mendapat perlakuan kasar dari sopir angkot.

Bentrok ojek online dan angkot di Bogor. (NET)

 

Driver ojek online itu kemudian melapor ke teman-temannya. Ratusan penunggang kuda besi aplikasi itu turun ke jalan. Mereka melakukan aksi damai di depan Balai Kota Bogor. 

Saat sedang menyampaikan aspirasinya itu, kubu sopir angkot memprovokasi. Terjadilah bentrokan saling lempar batu di depan Terminal Laladon. Dalam insiden itu, ada enam angkot yang dirusak.

Ketegangan antara pengemudi online dan penyetir konvensional terjadi sejak Senin kemarin. Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiharto turun tangan menyelesaikan masalah ini.

JANUAR YUDHA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments