hero

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

23 Maret 2017, 05:05 WIB

KOREA UTARA

Berwisata kuliner ke Korea Utara (Korut) mungkin jadi satu hal yang sulit buat dilakukan. Tapi enggak sedikit juga orang yang penasaran sama makanan apa saja yang ada di sana.

Walau dikenal sebagai negara tertutup, ternyata Korea Utara membuka pintu masuk untuk kuliner dari Italia yaitu pizza. Di negeri berpaham komunis itu, ada satu restoran pizza bernama Ryung Song Pizza yang berdiri pada Oktober 2015.

YouTuber Indonesia bernama Jaka Parker, berbagi pengalamannya waktu menjajal kuliner di restoran ini. Ryung Song Pizza berlokasi di Mirrae Scientist Street yang terkadang aksesnya dijaga oleh tentara.

Konon, chef restoran ini sengaja diterbangkan ke Italia khusus untuk belajar cara pembuatan pizza. Pilihan pizza di sini bermacam-macam, seperti salame dan margarita pizza. Ada juga makanan khas Italia lainnya, yaitu pasta.

Makanan-makanan tersebut dijual seharga Rp 4 ribu hingga Rp12 ribu per porsi. Harga ini termasuk murah untuk satu porsi pizza berukuran besar, jika dibandingkan di Indonesia yang biasanya dijual seharga lebih dari Rp 50 ribu.

Selain menikmati pizza, pengunjung juga bisa melihat dapur restoran yang terbuka. Jadi, siapa saja bisa mengetahui proses pembuatannya secara langsung. Mulai dari penyiapan adonan dasar, isian dan saus pizza, pemanggangan sampai pengemasannya.

Dalam video Jaka, sempat terjadi awkward moment, yaitu waktu restoran pizza mengalami mati listrik. Tapi hal ini sudah biasa terjadi di Korea Utara. Akhirnya proses pemesanan makanan tetap berjalan dan pembayarannya dilakukan secara manual.

Selain Jaka, ada juga video di Ryung Song Pizza yang dibuat YouTuber dengan akun Aram Pan. Berbeda dengan video Jaka yang sepi pengunjung, suasana restoran yang direkan Aram Pan saat siang hari lebih ramai.

Dia juga memperlihatkan hiburan yang ada di restoran ini, yaitu live karaoke. Penyanyinya bukan band khusus, melainkan petugas restoran yang semuanya adalah wanita.

YOUTUBE: JAKA PARKER | ARAM PAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments