hero

EDITOR : MATHILDA RINALDI

20 Maret 2017, 14:15 WIB

INDONESIA

Kabar gembira bagi para pengguna sistem operasi iOS, karena web browser Google Chrome pada 14 Maret 2017 telah meluncurkan fitur teranyarnya yaitu Read Later. Fitur ini memungkinkan para penggunanya untuk "membaca nanti" suatu laman web yang telah disimpan, bahkan tanpa koneksi internet alias offline.

Ikon Chrome sudah terpasang pada tombol cepat iOS. (The Verge)

Seperti yang dilansir dari 9to5Mac, 15 Maret 2017 Google menyatakan, "Ya, anda dapat menyimpannya! Jika anda menemukan sebuah artikel yang menarik dan ingin dibaca nanti, tekan ikon Share kemudian Read Later untuk menambahkan halaman tersebut ke daftar bacaan anda. Artikel pada daftar bacaan anda akan disimpan di perangkat sehingga anda dapat membacanya di manapun anda berada, bahkan ketika tidak terhubung ke web."

Tampilan fitur Read Later pada iOS. (Mathilda)

Selain memudahkan penggunanya untuk menyimpan suatu laman web, fitur ini pastinya dapat memangkas penggunaan data internet lho. Contohnya jika pengguna Chrome ingin membaca suatu artikel yang sama beberapa kali, tidak perlu lagi mengaktifkan data internet, cukup buka laman web yang sudah disimpan tersebut di bagian Read Later.
 
Sebenarnya fitur serupa sudah terlebih dahulu hadir pada web browser bawaan iOS yaitu Safari. Dengan istilah Reading List, fitur ini dapat bekerja layaknya fitur baru Chrome tersebut.

Tampilan fitur Reading List milik Safari di iOS. (Mathilda)

Hal penting yang perlu dicatat dalam versi pembaharuan Chrome for iOS yang ke 57 ini adalah fitur Read Later belum dapat diakses pada Chrome untuk desktop. Hal ini bertentangan dengan Reading List milik Apple, yang juga didukung pada MacOS.
 
Lalu, bagaimana dengan pengguna Chrome untuk Android?
 
Google sebelumnya telah menambahkan fitur yang mirip dengan Read Later pada Chrome untuk Android bulan Desember lalu, meskipun kenyataannya sedikit berbeda dengan versi iOS. Di versi Android memungkinkan penggunanya untuk mengunduh suatu halaman web, tetapi halaman web tersebut disimpan seperti file download, tidak seperti versi iOS dengan istilah Read Later.

Tampilan fitur Read Later milik Chrome pada perangkat Android. (Mathilda)

Nah, untuk kamu yang ingin mencoba fitur Read Later ini, segera update Chrome for iOS kamu yang sudah tersedia di App Store.

THE VERGE

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments