hero
(Makingdifferent)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

20 Maret 2017, 12:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Bukan rahasia lagi jika banyak produsen gadget yang mengambil keuntungan dengan membuat produk tiruan dari sebuah merek terkenal. Enggak tanggung-tanggung, produk tiruan ini dibuat semirip mungkin dengan barang aslinya.

Bahkan enggak semua orang bisa membedakan produk yang asli dan yang palsu lho! Produk ini juga banyak diminati konsumen karena dibanderol dengan harga yang jauh lebih murah.

Nah, dilansir dari laman Brightside, ada beberapa tips simple yang bisa kamu gunakan untuk membedakan mana produk asli dan tiruan. Mau tahu bagaimana caranya? Yuk simak tips-nya berikut ini:

Periksa Bungkus Kemasan

(Brightside)

Ini merupakan hal pertama yang perlu kamu lakukan ketika hendak membeli gadget di toko biasa. Produsen resmi biasanya sangat menjaga setiap rincian produknya. Bahkan hingga urusan bungkus kemasan.

Ada baiknya kamu perhatikan secara dekat kualitas tulisan di bungkus gadget yang akan kamu beli. Selain font tulisan, jahitan dan sudut kemasan plastik juga harus dalam kondisi baik.

Baca Buku Panduan

(Brightside)

Jika tidak ada masalah dalam hal bungkus kemasan, belum berarti gadget kamu aman. Untuk lebih meyakinkan lagi, kamu bisa langsung mengecek buku panduannya.

Buku panduan manual merupakan salah satu komponen penting dari sebuah gadget. Semua informasi terkait perangkat harus ada dalam bahasa Indonesia atau Inggris.

Jika itu ditulis menggunakan bahasa lain yang tidak bisa kamu baca, maka bisa jadi perangkat yang kamu beli merupakan barang tiruan.

Periksa Bahan Material

(Brightside)

Setiap bahan yang digunakan oleh produsen resmi pasti memiliki kualitas yang tinggi. Biasanya, produsen ponsel tiruan akan menggunakan bahan yang cendrung lebih murah seperti plastik.

Jika kepala charger perangkat kamu memiliki tekstur yang mulus dan tidak rapih, sudah pasti charger itu palsu dan tidak akan tahan lama.

Cek Font Tulisan Merek Ponsel

(Brightside)

Walaupun ini merupakan hal yang sepele, tapi ternyata font tulisan pada merek ponsel sudah bisa menunjukan gedget kamu itu tiruan atau asli.

Semua font dan simbol pada perangkat asli harus telihat baik, mudah dibaca dan konsisten. Pada produk palsu biasanya memiliki tulisan logo yang tidak sama.

Periksa Adaptor Charger

(Brightside)

Adaptor charger produk original biasanya memiliki sekat plastik yang terlihat menonjol. Sekat ini sendiri berguna untuk melindungi para konsumen dari korsleting listrik. Sedangkan adaptor tiruan tidak memiliki sekat plastik tersebut.

Perhatikan Ujung Kabel Charger

(Brightside)

Produk yang asli memiliki ujung charger yang sedikit mengkilap, fleksibel, ukuran socket yang pendek dan memiliki gambar icon yang lebih pudar. Sedangkan produk tiruan memiliki ukuran socket yang lebih panjang dan gambar icon yang terang.

BRIGHTSIDE

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments