hero

EDITOR : MATHILDA RINALDI

18 Maret 2017, 12:00 WIB

INDONESIA

Buat kamu penyuka anjing, mencium anjing peliharaanmu, tidur bersamanya, makan di meja yang sama, mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi kamu lakukan. Bahkan betapa senangnnya kamu ketika anjingmu mulai menjilati wajahmu. 

Well, kamu perlu tahu bahwa kebiasaan-kebiasaan ini bisa mengganggu kesehatanmu.

Kamu perlu tahu batasan-batasan dalam menjadikan anjing peliharaanmu sebagai bagian dari keluarga. Empat hal berikut ini perlu kamu ketahui dalam memelihara anjing:

1. Mulut Anjing Lebih Bersih dari Mulut Manusia
Ini hanyalah sebuah mitos belaka. Marty Becker, penulis Chicken Soup for the Soul of the Dog Owner, menyangkal asumsi ini.

"Kamu harus menyadarinya, para anjing ini mengendus-ngendus di tong sampah. Kita mungkin akan saling memberikan ciuman di pipi ketika bertemu, tetapi anjing melakukannya di bagian belakang," urainya.

2. Berapa Banyak Bakteri yang Ada di Air Liur Anjing?
John Oxford, profesor virologi dan bakteriologi di Queen Mary University di London, menjelaskan bakteri pada moncong dan mulut anjing.

"Ini bukan hanya apa yang ada dalam air liur anjing. Anjing menghabiskan setengah hidup mereka dengan mengendus-ngendus di sudut-sudut, bahkan kotorannya, sehingga jelas jika moncong mereka penuh dengan bakteri, virus, dan kuman dari segala macam," jelasnya.

3. Bayangkan Jika Bakteri Ini Masuk ke Dalam Tubuh Manusia? 
Virus dan kuman dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi manusia. Seperti yang terjadi pada seorang wanita Inggris yang terjangkit infeksi dari air liur anjingnya. Tes darah menunjukkan bahwa dia mengalami infeksi karena bakteri Capnocytophaga сanimorsusis, umumnya ditemukan di mulut anjing dan kucing. Pernah ada juga 13 insiden serupa di Inggris.

4. Penyakit Lain yang Disebabkan Hewan Peliharaan
Kurap adalah salah satu penyakit paling umum yang bisa kamu dapatkan dari mencium anjing. Jika hewan peliharaanmu terinfeksi kurap dan kamu mencium mereka, maka kamu akan terinfeksi penyakit ini.

Infeksi MRSA biasanya memengaruhi kulit, dan dapat disebabkan oleh satu jilatan anjing. Bakteri Capnocytophaga сanimorsusis dapat menyebabkan kesehatan yang serius jika memasuki tubuh melalui luka terbuka.

Jika kamu sudah memahami 4 alasan kenapa tidak boleh mencium anjing, maka kamu juga perlu tahu cara pencegahannya agar kuman dan bakteri pada anjing tidak menjangkit tubuh kita.

Untuk tetap menjaga kesehatan sambil terus memelihara anjing, jangan mencium dan membiarkan anjing menjilati wajah, jangan pernah memberi makan anjing di meja dan berbagi piring dengannya, Cuci tanganmu secara menyeluruh setelah melakukan kontak dengan anjing, dan perhatikan kesehatan dan tingkah laku anjing peliharaan kamu. 

BRIGHTSIDE

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments