hero

EDITOR : MATHILDA RINALDI

17 Maret 2017, 11:45 WIB

EROPA

Kamu mungkin terbiasa mengonsumsi jenis makanan yang itu-itu saja. Sereal, nasi goreng, sandwich untuk sarapan, daging dan ayam, serta beberapa jenis sayuran yang familiar, seperti bayam, kangkung, wortel, kol dan sebagainya. Nah, beberapa jenis makanan dibawah ini ternyata bermanfaat baik lho untuk tubuh, yang tentunya harus kamu coba, meskipun beberapa jenis makanan membuatmu enggan untuk memakannya.

1. Daun Dandelion
Mungkin terdengar aneh, tetapi daun dandelion bisa menjadi pengganti sayur dalam salad. Dandelion kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan, yang bisa menjelaskan mengapa secara historis daun ini dianggap obat.

Daun ini memiliki rasa sedikit pahit, sehingga saat memasaknya, lebih baik dicampur dengan daun lain atau dimasak sebentar menggunakan bumbu.

2.Plum
Plum tidak hanya bermanfaat sebagai obat pencahar tetapi juga melindungi terhadap penyakit seperti osteoporosis, diabetes tipe 2, kolesterol tinggi, gula darah tinggi, dan banyak lagi. Rasa manis pada plum hanya mengandung 30 kalori.

Kamu bisa memasaknya dengan parutan keju, tempatkan dalam wadah yang sudah diolesi mentega. Kemudian panggang selama 10-12 menit dan sajian plum siap dinikmati

3. Ikan Opah
Jika ada yang belum tahu apa itu opah, ini adalah ikan yang banyak ditemukan di sekitar Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Teluk Meksiko. Opah adalah ikan pertama berdarah panas yang bisa dijadikan sushi atau isi burger.

Kamu juga bisa mencoba resep sederhana ini. Cukup panaskan bumbu berupa merica, jus lemon dan garam. Kemudian masukkan fillet opah, masak selama 3-4 menit atau sampai matang.

4. Ikan Kembung
Ikan kembung atau mackerel ternyata mengandung hal-hal baik seperti asam lemak omega-3. Kamu bisa memasak ikan dengan cara memanggangnya diatas minyak selama 2-3 menit.

Selama proses memanggang, kamu bisa mengolesinya dengan bawang putih, mentega, dan jeruk nipis. 

5. Tunas Bawang Putih
Mungkin tidak pernah terbersit dalam benakmu untuk mengonsumsi tunas bawang putih. Tunas bawang putih bisa sebagai sayuran segar yang ditambahkan pada salad atau untuk dipanggang.

6. Lidah Sapi
Pernah mencicipi sup lidah sapi? Lidah memang memiliki citarasa yang khas dan cocok sebagai bahan baku sup. Selain itu, kamu bisa memasaknya dengan cara lain, seperti memasaknya dalam slow cooker. Kemudian, lidah diiris tipis-tipis dan goreng dalam minyak panas. Bisa juga menikmatinya dengan taco, hidangan populer Taco de Lua dari Meksiko.

7. Otak Sapi
Otak sapi, memang kaya kolesterol jadi tidak pas dijadikan makanan harian. Manusia pun sudah mengonsumsi otak hewan sejak sebelum abad 20. Namun, memasak otak harus berhati-hati. Kamu tidak bisa memasaknya seperti steak dengan memanggang diatas api panas.

Cara paling mudah adalah membumbui otak dengan bumbu merica dan garam kemudian diamkan selama 6 menit. Campurkan dengan tepung, telur dan remah-remah roti. Goreng selama 3 menit dan sajikan dengan saus.

8. Serangga
Siapa bilang serangga tidak bisa dimakan. Sajian serangga telah umum di sejumlah negara seperti China, Thailand, dan Meksiko, serangga adalah bahan umum dan sering bahkan dianggap lezat. Serangga juga kaya gizi yang baik untuk tubuh.

Belalang Meksiko atau disebut chapulines sudah populer di Meksiko. Cara memasaknya dengan menumis campurang bawang putih dan cabai. Angkat kemudian goreng belalang hingga warnanya kecoklatan. Tambahkan bumbu garam dan jeruk nipis untuk memperkuat citarasanya. 

9. Tulang Sumsum
Buat kamu yang suka menyeruput tulang sumsum pada semangkuk sup pasti akan menemukan kelezatan yang mantap. Tulang sumsum adalah pusat tulang di mana sel-sel darah diproduksi pada hewan hidup, tetapi setelah dipanggang itu menjadi, mentega, kaya nutrisi yang membuatnya lezat.

10. Belut
Belut memang berlendir dan licin, tetapi jadi makanan di Eropa dan Asia selama berabad-abad lamanya. belut mungkin tidak untuk Anda. Cara memasaknya juga harus berhati-hati karena darah belut beracun. Pertama-tama bersihkan belut, keringkan, dan taburi garam di seluruh tubuhnya. Masukkan dalam loyang, olesi dengan minyak dan panggang selama 30 menit.

MASHED

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments