EDITOR : TITO SIANIPAR

16 Maret 2017, 07:20 WIB

INDONESIA

Kepindahan gelandang Michael Essien ke Persib Bandung menjadi berita seantero dunia. Beberapa situs luar negeri yang tidak pernah mendengar nama Persib, menjadi tahu tentang klub tersebut.

Salah satunya artikel di laman Give Me Sport yang berjudul 'Essien bergabung dengan klub yang belum pernah anda dengar sebelumnya'. Tulisan itu dibuat di hari yang sama dengan pengumuman kedatangan Essien ke Persib Bandung, 14 Maret 2017.

Di situ, Essien disebut kesulitan mencari klub pada musim panas silam dan berkutat dengan cedera lututnya. "Essien dijadikan katalisator untuk menempatkan Persib kembali di jalur juara," tulis Alex Mccarthy.

Salah satu pemberitaan Essien ke Persib.

Kepindahan Essien ke Persib Bandung wajar menjadi pemberitaan berbagai situs internasional. Pasalnya pemain 34 tahun itu adalah pemain tengah yang pernah bermain di beberapa klub top dunia.

Klub-klub yang pernah diperkuat pemain Ghana itu antara lain Lyon, Chelsea, Real Madrid, AC Milan, hingga yang terakhir Panathinaikos. Di tim nasional Ghana, ia sudah main 58 kali dan mencetak 9 gol.

Essien kapten timnas Ghana. (REUTERS)

Tak cuma klub besar, Essien juga mengantongi sejumlah prestasi, terutama ketika memperkuat Chelsea. Ia meraih juara Liga Champions, Liga Inggris (dua kali), Piala FA (tiga kali), Piala Liga, dan juara Liga Prancis.

Essien pernah berharga 45 juta Euro (sekitar Rp 630 miliar) ketika dibeli Chelsea dari Lyon. Ketika pindah ke Panathinaikos pada 2015, harga Essien hanya 800 ribu Euro (sekitar Rp 11 miliar). 

Essien sendiri mengaku mau memperkuat Persib karena tahu sejarah Persib dari Teddy Tjahyono, salah satu petinggi klub. "Saya akan membawa klub ini ke tingkat yang lebih tinggi. Karena itu saya datang ke sini," kata Essien.

Ketika juara bersama Chelsea. (INSTAGRAM/iam_ess)

Indonesia sejatinya tidak asing bagi Essien. Pada Juli 2013, Essien pernah datang ke Indonesia bersama Chelsea sebagai bagian dari tur dunia "Here to Play, Here to Stay".

Sebagai pemain kelas dunia, wajar jika harapan besar disandarkan ke pundak Essien untuk bisa mengangkat derajat sepak bola nasional. Essien sendiri berniat ikut membantu membangun sepak bola Indonesia.

Essien bersama agennya di markas Persib. (ANTARA)

"Semoga saya bisa menjadi awal untuk pemain dunia lainnya merumput di Indonesia. Semoga ini menjadi awal yang baik buat sepak bola Indonesia dan Persib," ujar Essien.

ANGGI PUTRA | PERSIB | UEFA

9

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments