hero
Reaksi Guardiola atas hasil buruk City. (THE SUN)

EDITOR : TITO SIANIPAR

16 Maret 2017, 15:00 WIB

PRANCIS

Pep Guardiola gagal membawa Manchester City ke babak 8 besar Liga Champions. City kalah 1-3 dari AS Monaco pada leg kedua di Stadion Louis II, Kamis, 16 Maret dinihari.

“Kami bermain bagus di babak kedua, tapi kami lupa melakukannya di babak pertama. Biasanya kami tampil di level yang bagus, tapi malam ini tidak. Kami tidak memanfaatkan peluang, itu sebabnya kami tersingkir,” ujar Guardiola.

Skor 1-3 di leg kedua membuat City tersingkir, meski agregat pertandingan adalah 6-6. Monaco lolos berkat keunggulan produktivitas gol karena bermain di Manchester mereka mencetak tiga gol.

Pemain Monaco yang bergembira. (REUTERS)

Kekalahan menjadi rekor terburuk Guardiola di Champions. Ini adalah kali pertama dalam sejarah karier Guardiola, tim yang dilatihnya gagal melangkah hingga setidaknya ke babak semifinal Liga Champions.

Sejak 2008, Guardiola terkenal sukses di ajang Liga Champions. Ia selalu membawa Barcelona dan Bayern Munich melangkah ke semifinal. Bahkan merebut gelar juara bersama Barcelona pada 2009 dan 2011.

Hasil 1-3 dari Monaco semakin pahit bagi Guardiola karena itu adalah pertandingan ke-100 di kompetisi klub Eropa. Meski begitu, Guardiola masih memegang rekor pelatih tersukses dalam 100 pertandingan di Eropa.

Ketika City kebobolan. (REUTERS)

Pelatih berkepala pelontos itu punya ekor 61 kemenangan, 23 imbang, dan 16 kali kalah. Ia mengalahkan rekor pelatih Louis Van Gaal dengan 61 kemenangan, 22 imbang, dan 17 kali kalah.

Catatan lain, di bawah Guardiola, City tidak pernah melakukan clean sheet di Liga Champions dan tidak pernah menang di laga tandang (2 imbang, 2 kalah). City juga bikin rekor: tim pertama yang gagal melangkah ke babak selanjutnya meski mencetak lima gol di leg pertama.

Reaksi pemain City. (REUTERS)

“Kami akan belajar dari kekalahan ini. Tim ini tidak memiliki banyak pengalaman di Liga Champions. Kompetisi ini menuntut banyak hal. Terkadang kami harus spesial dan beruntung, tapi hari ini kami tidak,” pungkas Guardiola.

BBC | UEFA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments