hero
Ilustrasi taksi berbasis aplikasi online. (NET.Z/Vino Fernando)

EDITOR : REZA ADITYA

15 Maret 2017, 11:15 WIB

INDONESIA

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto mengatakan lembaganya akan mengatur tarif atas dan bawah pada taksi aplikasi online. Aturan itu berlaku pada 1 April 2017 dan terdapat dalam revisi peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016.

"Mudah-mudahanan revisi peraturan menteri ini tidak ada lagi ketidaksetaraan antara taksi online dan reguler," kata Pudji, Selasa, 14 Maret 2017. "Dan ke depannya tidak ada lagi demo-demo."

Adanya aturan tarif itu setelah Organisasi Angkutan Darat (Organda) mengajukan protes karena peraturan menteri sebelumnya tidak mencantumkan ongkos bawah dan atas pada taksi dalam jaringan. Akibatnya, transportasi aplikasi itu bisa bebas menerapkan harga. 

Ilustrasi taksi online. (THE GUARDIAN)

 

Tarif yang ditentukan pengusaha taksi online itu jauh lebih murah ketimbang harga jasa taksi reguler. Inilah yang menyebabkan sejumlah pengusaha taksi konvensional melalui Organda mengajukan protes kepada Kementerian Perhubungan.

Pudji mengatakan aturan tarif termurah ini diharapkan bisa memicu persaingan sehat antara pengusaha taksi online dan reguler.  Pemerintah daerah, kata dia, juga harus berperan dalam penentuan tarif ini.

Selain itu, Pudji juga mengatakan di setiap daerah ada pembatasan terhadap transportasi online. Hal itu untuk meminimalisir terjadinya konflik seperti di Tangerang, Bandung dan Malang pada beberapa waktu kemarin.

Pada April tahun lalu, pemerintah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 32 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Aturan itu ditujukan untuk taksi berbasis aplikasi online.

Namun, aturan itu dikritik sejumlah kalangan, khususnya Organda. Mereka menilai beleid itu belum secara spesifik mengatur tentang syarat dan kelayakan moda serta kesetaraan dengan angkutan konvensional.

TIFFANY ALHAMID 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments