hero
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan terkait kasus dugaan korupsi e-KTP. (SETKAB)

EDITOR : REZA ADITYA

13 Maret 2017, 11:00 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo meminta maaf kepada masyarakat atas dampak yang ditimbulkan dari kasus korupsi kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Dampak yang dimaksud Jokowi adalah kekurangan blangko dan keterlambatan perekaman data penduduk.

"Kami mohon maaf karena masih ada problem seperti itu," ujar Jokowi, di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 11 Maret 2017. "Karena memang ya harusnya peralatannya rampung."

Menurut Jokowi, imbas dari korupsi e-KTP mengganggu proses administrasi masyarakat. Dia kecewa lantaran proyek senilai triliunan Rupiah itu menjadi program bancakan.

Ilustrasi korupsi e-KTP. (NET.Z/Wishnu Adi)

 

Padahal, kata Jokowi, seandainya proses penerbitan e-KTP dilakukan dengan baik, akan bisa menyelesaikan banyak masalah. "Misalnya urusan paspor, bisa dipakai tanpa harus fotokopi, urusan SIM, perpajakan, perbankan, pilkada dan semuanya."

Jokowi berharap Komisi Pemberantasan Korupsi mengusut secara tuntas kasus korupsi e-KTP.  "Saya hanya ingin ini diproses hukum yang benar, saya yakin KPK akan bertindak profesional terhadap kasus ini."

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kesal lantaran rasuah kartu identitas itu telah merugikan duit negara senilai Rp 2 triliun. Kasus itu juga melibatkan sejumlah politikus, pejabat dan pengusaha.

Termasuk, dugaan adanya keterlibatan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Laoly yang menerima duit haram itu. Yasonna saat proyek e-KTP dianggarkan masih menjabat sebagai anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat.

Yasonna dan sejumlah nama penggede lainnya, seperti Ganjar Pranowo, Setya Novanto, Anas Urbaningrum, disebut terima uang saweran korupsi e-KTP. Hal itu tertuang dalam dakwaan Irman dan Sugiharto.

Menanggapi adanya menteri Kabinet Kerja yang diduga pernah terima duit haram, Jokowi bergeming. Dia hanya mengatakan, "Serahkan ke KPK."

TIM LIPUTAN | DEDE ROHALI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments