hero
Remaja yang sedang mencoba permainan #SkipChallenge. (INSTAGRAM)

EDITOR : REZA ADITYA

10 Maret 2017, 17:05 WIB

INDONESIA

Dunia maya dihebohkan dengan viral #SkipChallenge, sebuah permainan yang sedang digandrungi anak muda. Permainan itu dilakukan dengan cara menekan dada sampai membuat seseorang kehilangan kesadaran.

Di balik serunya permainan itu, namun ada bahaya yang mengancam nyawa. Dokter spesialis paru dan penyakit pernapasan Rumah Sakit Pondok Indah Jamal Zaini mengimbau para remaja sebaiknya meninggalkan permainan itu.

"Karena kalau dada ditekan, pembuluh darah, jantung, paru, dan dan tulang rusuk bisa menimbulkan fraktur atau keretakan," ujar Jamal, Jumat, 10 Maret 2017. "Retak tulang itu bisa menusuk ke organ bagian dalam, seperti jantung dan paru."

 

Jamal mengatakan para remaja ini awalnya hanya coba-coba mendapatkan esensi pingsan dan kejang usai dadanya ditekan. Mereka tidak tahu bahwa efek dari permainan itu dapat mengakibatkan kematian.

Selain memicu retaknya tulang rusuk, permainan itu juga mengganggu asupan oksigen dari paru-paru ke otak. "Dan itu berpotensi menimbulkan strok. Empat menit saja otak kekurangan oksigen bisa membunuh jaringan sel. Efek sampingnya panjang."

#SkipChallenge sebenarnya permainan lama yang kembali menjadi viral di media sosial. Di Amerika Serikat, atraksi ini disebut juga dengan choking game atau passout challenge.

Pada September tahun lalu, seorang bocah berusia 11 tahun di South Carolina tewas akibat permainan ini.  Di bulan Juni di tahun yang sama, anak berusia 12 tahun juga meninggal gara-gara skip challenge.

EDUARD VIDYADI

6

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments