Ternak sapi di Padang Mangateh. (NET)

EDITOR : OCTOBRYAN

8 Maret 2017, 14:00 WIB

SUMATERA BARAT, INDONESIA

Hamparan rumput hijau begitu luas terlihat sejauh mata memandang. Bukit-bukit yang mengelilingi ditambah barisan awan dengan langit birunya melengkapi lukisan alam yang rancak ini. Begitulah sekilas keindahan Nagari Padang Mangateh yang terpapar di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

Kabupaten yang terletak di bagian timur wilayah Provinsi Sumatera Barat, ini memiliki sebuah ranch peternakan terbesar se-Asia Tenggara yang biasa disebut oleh wisatawan sebagai Selandia Barunya Indonesia.

Nagari Padang Mangateh terletak 18 KM dari Kota Payakumbuh. (NET)

Terletak di lereng Gunung Sago, balai peternakan ini merupakan peninggalan zaman penjajahan Belanda yang dibangun pada tahun 1916. Pemerintah pusat kemudian mengambil alih peternakan ini pada tahun 1985 untuk menghasilkan jenis sapi unggul.

Ranch peternakan sapi di Padang Mangateh. (NET)

Di lahan seluas 280 hektar ini, sapi-sapi itu dapat berkembang dengan baik karena didukung kondisi geografis serta melimpahnya pakan rumput, bahkan Presiden Joko Widodo dibuat kagum dan menjadikan tempat ini sebagai proyek percontohan peternakan sapi.

Lahan seluas 280 hektar peternakan sapi terletak di kaki Gunung Sago. (NET)

Meskipun kawasan peternakan ini bukan dibangun sebagai objek wisata, tetapi lokasi dan lingkungan peternakan ini secara tidak langsung ini terbentuk sebagai destinasi wisata dengan daya tariknya yang khas.

Ternak sapi dibiarkan bebas mencari makan di Padang Mangateh. (NET)

Berada di kawasan ini ingin rasanya berlama-lama, selain alam hijau yang menyejukan mata, pesona alamnya yang luar biasa mungkin sulit ditemukan di tempat lain.

Jika beruntung indahnya cahaya kuning matahari yang terbit dibalik liuk elok Bukit Barisan akan kamu nikmati di puncak bukit yang berketinggian 900 meter itu.

Sebuah jalan yang membelah Padang Mangateh bisa digunakan untuk menikmati pemandangan dari atas bukit. (NET) 

Di tengah-tengah padang rumput ada sebuah jalan selebar satu mobil yang bisa kita telusuri untuk menikmati pemandangan indah di Padang Mangateh. Jadi siap-siap saja untuk menikmati pemandangan yang belum pernah kamu lihat sebelumnya.

Petugas membersihkan sapi setelah masuk ke kandang. (NET)

Tidak jauh dari Padang Mangateh, terdapat pula Jembatan Kelok 9 bisa dibilang sebagai salah satu ikon wisata Sumatera Barat. Jembatan dibangun dengan jalan berkelok berlokasi di tengah perbukitan yang cantik.

Kabupaten Lima Puluh Kota juga dikenal sebagai daerah penghasil beras. (NET)

Jembatan Kelok 9 ini memang tak hanya berfungsi sebagai jalur penghubung antar dua provinsi saja, tapi juga menjadi lokasi wisata. Selepas melewati jembatan ada spot menara pandang yang ramai dikunjungi turis.

Jembatan kelok sembilan sepanjang 2,5 KM diresmikan tahun 2013. (NET)

Dari atas menara, pengunjung bisa melihat jelas seperti apa bentuk Jembatan Kelok 9 dari ketinggian. Kelokan-kelokannya yang rumit pun terpampang dan tentunya memercik decak kagum.

INDONESIA BAGUS

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments