hero

EDITOR : FIRZA ARIFIEN

7 Maret 2017, 09:05 WIB

AMERIKA SERIKAT

Di era modern seperti sekarang ini, tingkat stres semakin tinggi. Nah, ada metode mudah nih yang bisa bikin kamu lebih rileks. Enggak perlu ke ahli kejiwaan, cukup melalui Youtube.

Melalui platform ini, kamu bisa menemukan video-video ASMR atau Autonomous Sensory Meridian Response. ASMR adalah sensasi menyenangkan yang distimulus oleh suara atau gambar.

Sensasi menyenangkan tersebut seperti digelitik di bagian kepala hingga leher. Perasaan gembira disebabkan hormon oxytocin yang dikenal dengan "hug hormone" dipaksa keluar saat kamu mendengarkan suara atau visual tersebut.

Salah satu contoh video di Youtube yang bisa kamu tonton adalah milik Maria. Youtuber cantik asal Rusia ini mengunggah berbagai video dengan suara-suara yang mampu membuat penontonnya menjadi lebih rileks.

Maria kini punya lebih dari 800 ribu subscribers. Awal mula ia membuat video ASMR karena depresi saat bercerai dengan suaminya.

Ketika depresi itu, Maria mencari video di Youtube dengan keyword "whisper" yang mengantarkannya pada video ASMR yang membantunya kembali rileks. Maria akhirnya mulai membuat video ASMR sejak Februari 2011 sampai sekarang.

ASMR memang belum diakui secara klinis. Terapi ini pertama kali dipopulerkan oleh seorang wanita bernama Jennifer Allen di grup Facebook, pada 2010. Tertarik untuk mencoba?

THE GUARDIAN | TEEN VOGUE | THE WASHINGTON POST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments