hero
(Dok: Biro Pers Istana)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

7 Maret 2017, 12:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Di momen kedatangan Raja Salman, kalian pasti enggak asing dengan pakaian putih panjang yang dipakai Raja Arab Saudi dan rombongannya. Yap! gamis ini disebut thawb, thobe atau disdasha. Mau tahu fakta-fakta mengenai thawb? Berikut ulasannya seperti kami kutip dari Canadian Arab Community pada Senin, 6 Maret 2016.

Apa sih thawb?

Raja Salman memakai thawb sedang bersama Presiden Jokowi. (Dok: Biro Pers Istana)

Thawb dalam bahasa Arab berarti pakaian. Sebutan ini khususnya untuk baju yang panjangnya sampai semata kaki. Biasanya thawb terbuat dari bahan katun. Tapi ada juga yang terbuat dari bahan lebih tebal seperti wol untuk dipakai di wilayah yang iklimnya lebih dingin. Thawb umumnya dipakai oleh para pria di Semenanjung Arab dan negara-negara sekitarnya.

Kenapa thawb berwarna polos?

Raja Salman memakai thawb sedang bersama Presiden Jokowi. (Dok: Antara)

Thawb umumnya berwarna putih polos atau krem sebagai simbol kesederhanaan dan kesetaraan. Apalagi, pakaian ini dipakai semua kalangan. Mulai dari pria bangsawan sampai masyarakat umum.  

Warna putih juga membuat thawb tidak mudah menyerap panas, sehingga cocok digunakan di kawasan Arab yang beriklim panas.

Apa saja pelengkap thawb?

Raja Salman. (CNBC)

Pemakaian thawb biasanya diikuti aksesori tambahan berupa kaffiyeh dan besht. Kaffiyeh adalah kain penutup kepala, sementara besht adalah jubah luaran. Kaffiyeh berfungsi melindungi kepala dari cuaca panas dan debu. Bentuknya berupa kain segiempat yang dilipat dan bisa dikenakan dengan berbagai gaya.

Umumnya kaffiyeh berwarna polos. Tapi ada juga kaffiyeh bercorak hitam-putih atau merah-putih, yang identik dengan daerah asal pemakai. Penggunaan kaffiyeh dilengkapi dengan igal yang berwarna hitam. Igal berfungsi sebagai penahan agar kaffiyeh tetap pada posisinya.

Selain kaffiyeh, ada juga besht yaitu jubah yang berguna sebagai outerwear. Besht sering dipakai di acara-acara formal, seperti pernikahan, hari raya atau pemakaman. Warna, bentuk dan bahan besht menunjukkan status sosial atau kekayaan seseorang. Besht tertentu juga hanya dikenakan oleh tokoh agama.

Apa thawb cuma untuk cowok?

(Adwork.pk)

Jawabannya, tidak! Thawb juga ada yang dipakai oleh kaum wanita. Bentuknya berupa baju tunik panjang semata kaki berukuran oversized. Thawb perempuan juga dilengkapi aksen bordir pada sisi depan dan belakang baju.

Nah, buat yang tertarik, kamu juga dapat memakai thawb lho. Pakaian ini biasanya dijual di toko-toko yang menjual perlengkapan haji. Jadi, penampilan kamu akan terlihat seperti orang-orang dari Semenanjung Arab.

CANADIAN ARAB COMMUNITY | WIKIPEDIA

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments