hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

5 Maret 2017, 16:15 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Nggak salah deh kalau handphone masa kini disebut dengan smartphone, soalnya perangkat ini sengaja dirancang sepintar mungkin untuk memudahkan hidup penggunanya. Misalnya nih, kamu bisa mengirim pesan ke banyak teman dalam waktu beberapa detik, dan menggunakan koneksi internet untu bekerja, berwisata, bahkan berolahraga.

Dan sebenarnya guys, fitur-fitur canggih di telepon genggammu nggak hanya bisa kamu gunakan untuk hal-hal di atas saja. Tim Brightside telah menguji dan menemukan tujuh trik yang bisa kamu gunakan dengan telepon pintar, yang mungkin tidak pernah terfikirkan olehmu.

Simak ulasannya berikut!

 

Menjadi Alat Penyadap Suara

Telepon genggam yang diubah menjadi monitor suara. (BRIGHTSIDE)

Pastikan setting volume smartphone kamu off. Hidupkan fungsi penjawab panggilan otomatisnya. Seting mute untuk microphone. Atur semua fungsi ringtone untuk menerima panggilan dalam fitur silent dan matikan fitur getar teleponmu. 

Persiapan ini dilakukan untuk mengubah telepon genggammu menjadi peralatan mata-mata canggih untuk menyadap suara, atau kamu bisa memakainya untuk mengawasi bayimu. 

Cara kerjanya sederhana. Setelah persiapan tadi selesai, kamu tinggal menaruh telepon genggam itu di ruangan yang ingin kamu sadap semua pembicaraan di dalamnya. Telepon itu akan berfungsi menjadi alat pendengar suara.

Kamu tinggal menghubungi nomor telepon yang kamu simpan tadi, dan kamu langsung bisa mendengarkan semua pembicaraan yang ada di sana. Tidak perlu menjadi mata-mata untuk melakukan ini bukan?

 

Membuat Teleponmu Terkunci Selamanya

Pria menyimpan nomor IMEI telepon genggamnya. (BRIGHTSIDE)

Kehilangan smarthphone bisa menjadi mimpi buruk, apalagi ada data penting yang kamu rahasiakan di dalamnya. 

Nah, dengan fungsi ini, datamu akan aman karena tidak ada yang bisa mengaksesnya kecuali dirimu. Caranya sederhana, kamu hanya perlu mencatat nomor IMEI telepon genggammu. 

Jika smartphonemu hilang, kamu tinggal menghubungi operator selularmu dan meminta untuk memblok semua nomor telepon yang terhubung dengan nomor IMEI itu. Bagiamana cara menemukan nomor IMEI smarthopne milikmu? Tinggal tekan *#06#. Gampang kan?

 

Mengubah Smartphone Menjadi Mikroskop

Menambahkan lensa pada smartphone. (BRIGHTSIDE)

Mengubah smartphone menjadi mikroskop, kedengarannya luar biasa ya guys? Ternyata tidak juga, karena penemuan ini sudah lama diketahui.

Kamu hanya perlu menggunakan lensa kecil yang  biasanya ditemukan di laser-pointer dan smartphone milikmu. Letakkan lensa kecil itu di depan lubang kamera smartphone milikmu dan kamu sudah mengubahnya menjadi mikroskop portabel.

Trik sederhana ini akan membantumu memotret benda berukuran kecil, atau bahkan melihat bagian dari sel.

 

Memotret Dalam Air

Memotret dalam air dengan smartphone. (BRIGHTSIDE)

Tidak semua smartphone punya fitur anti air, tapi kamu bisa membuatnya kedap air. Yang kamu butuhkan hanya wrapping plastic atau plastik pembungkus makanan dan buah, agar telepon genggammu bisa memotret dalam air.

Caranya gampang! Cukup bungkus telepon genggammu dengan wrapping plastic hingga menutupi seluruh bagiannya. Dan pastikan tidak ada lubang, yang bisa membuat air masuk.

Dan smartphonemu pun siap beraksi di dalam air.

 

Menggunakan Wajahmu Sebagai Pembuka Kunci Smartphone

Membuka kunci smartphone dengan wajah. (BRIGHTSIDE)

Smartphone Android memberikan berbagai alternatif cara untuk membuka kunci menuju menu, mulai dari kombinasi angka, PIN, pola, hingga cukup menggerakkan teleponmu dengan pola tertentu. 

Tapi tahukah kamu, fitur pembuka kunci dengan Face Unlock itu yang paling aman. Kamu tinggal mengubah seting pengunci telepon genggammu untuk mengaturnya.

 

Membuat Hologram

Membuat hologram dengan smartphone. (BRIGHTSIDE)

Seperti sihir, kamu bisa membuat 3D Hologram dengan smartphone milikmu. Kamu membutuhkan plastik pembungkus CD, kertas grafik, perekat, serta pena untuk membuat proyektor hologram 3 dimensi.

Gunakan kertas grafik untuk membuat pola dasar limas segi empat.Gunakan pola itu untuk memotong plastik pembungkus CD.

Sambungkan dengan perekat hingga membentuk cawan. Taruh cawan itu di atas layar telepon genggammu. Kamu tinggal menjalankan video pendek, dan hologram 3 Dimensi akan muncul di atas layar telepon genggammu. Ajaib bukan?

 

Memperpanjang Umur Smartpohone

Membersihkan power kabel smartphone. (BRIGHTSIDE)

Tahu nggak guys, kalau lubang sambungan power cable smartphone milikmu itu mengumpulkan debu, kotoran, dan serpihan kecil selama kamu gunakan. Hanya sedikit yang menyadari kalau debu dan kotoran yang terkumpul itu satu saat akan membuat telepon genggammu mati.

Kamu bisa menghindari itu dengan rajin membersihkan lubang itu. Gunakan penyemprot udara untuk membersihkannya.

 

BRIGHT SIDE

 

 

14

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments