hero
Abdul El-Sayed menggalang dukungan jelang pemilhan gubernur Michigan. (DETROITNEWS)

EDITOR : REZA ADITYA

4 Maret 2017, 05:00 WIB

AMERIKA SERIKAT

Abdul El-Sayed yakin dengan mimpi Amerika yang bisa menjadikan setiap orang menjadi apa saja. Terlahir sebagai anak dari seorang imigran asal Mesir penganut Islam tidak membuatnya patah arang tinggal di Negeri Paman Sam sebagai minoritas.

Dia malah mendaftarkan diri sebagai calon gubernur Michigan pada pemilihan 2018 nanti. "Saya ingin menjadi gubernur bukan karena saya beragama Islam, tapi karena yakin bisa membuat Michigan lebih baik," ujar Sayed, Jumat, 3 Maret 2017.

Sayed merupakan bakal calon gubernur Islam pertama dan termuda di Amerika Serikat. Saat ini dia menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Detroit.

Abdul El-Sayed meyakinkan warga Michigan untuk memilihnya sebagai gubernur. (DETROITNEWS)

 

Dia lahir di Gratiot, Michigan, 32 tahun yang lalu. Pria berjanggut tipis itu sebelumnya berprofesi sebagai dokter. Dia kemudian ikut mengabdi di berbagai lembaga swadaya masyarakat hingga akhirnya menjadi Kepala Dinas Kesehatan Detroit.

Jika terpilih pada pemilihan nanti, Sayed merupakan gubernur termuda di Amerika setelah sebelumnya Bill Clinton yang menjadi Gubernur Arkansas pada usia 32 tahun juga. Yang lebih fenomenal, Sayed merupakan gubernur Islam pertama jika terpilih nanti.

"Keyakinan saya sebagai pemeluk Islam sangat penting untuk warga Amerika dan penduduk Michigan," ujar dia. "Tapi saya pikir, kita harus bertanya pada diri sendiri dan orang lain, apa yang mereka doakan untuk sebuah harapan."

Sayed mengakui dia seorang minoritas. Namun dari kelompok kecil itu dia optimistis bisa membuat suatu gebrakan yang bermanfaat bagi orang banyak. 

Abdul El-Sayed bersama istrinya Sarah. (TWITTER)

 

Michigan merupakan salah satu negara di bagian Amerika Serikat yang tingkat Islamofobianya terbilang tinggi. Khususnya di Kota Detroit.

Di Detroit ada satu komunitas yang isinya merupakan imigran asal Arab dan negara-negara di Timur Tengah. Kumpulan itu sering mendapat intimidasi dari kelompok anti-Islam.

Jika ingin menang di Michigan, Sayed harus bekerja keras. "Saya optimis sebagai penganut Islam, akan membawa nilai-nilai kesetaraan dan hak dasar bagi setiap orang, apapun agamanya."

BUSINES INSIDER |

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments