hero
Raja Salman (kiri) bersama Presiden Joko Widodo (kanan) di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor. (ANTARA)

EDITOR : REZA ADITYA

4 Maret 2017, 21:00 WIB

INDONESIA

Presiden Joko Widodo menitipkan keselamatan para tenaga kerja Indonesia (TKI) yang berada di Arab Saudi kepada Raja Salman bin Abdulaziz al-Saud. Termasuk, untuk TKI yang terkena ancaman hukuman mati di Negeri Minyak.

"Ketika pertemuan empat mata kemarin, Presiden Jokowi menyampaikan itu," kata Deputi IV Kantor Staf Presiden Agustinus Eko Rahardjo, Sabtu, 4 Maret 2017.

Jojo, sapaan Agustinus, mengatakan dalam perbincangannya secara pribadi dengan Raja Salman, Jokowi juga membahas terkait permasalahan hukum yang menjerat TKI di Arab. Namun dia mengakui pembahasan TKI itu tidak menjadi bagian dari MoU.

Demonstrasi sejumlah pegiat buruh migran di depan Kedutaan Arab Saudi menuntut Raja Arab membebaskan Rusmini Wati dari hukuman mati. (NET/Octa)

 

"Ada satu setengah juta warga kita yang menjadi TKI di sana," ujar dia. "Kemudian nanti tentu akan diproses secara hukum. Setiap proses hukum yang terancam hukuman mati akan dilihat bagaimana."

Menurut Jojo, suatu permasalahan yang tertuang dalam MoU bersifat teknis dan detail. Untuk kasus hukuman mati yang menjerat TKI di Arab, Jokowi menginginkan penyelesaian masalah itu dari hati ke hati dengan Raja Salman.

Itu artinya, Jokowi menurut Jojo sudah menyampaikan aspirasi pegiat buruh migran terkait pembebasan TKI yang masih terkena jeratan hukuman mati di Arab. "Kan sudah hampir dua tahun lewat tidak ada eksekusi mati untuk WNI kita," ujar dia.

Berdasarkan data Migrant Care pada tahun 2015, ada sekitar 36 TKI yang menunggu eksekusi mati di Arab Saudi. Kasusnya beragam, mulai dari pidana sihir, zinah, dan pembunuhan.

Sebagian besar dari mereka perkaranya masih bisa ditangani dan belum memasuki masa-masa kritis. Sedangkan sisanya, memasuki tahap final alias menanti tanggal eksekusi.

DWITA MEIRIANI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments