hero
Ketua Panitia Seleksi Pemilihan Penasihat KPK Imam Prasodjo (kiri) berbincang dengan anggota Pansel Saldi Isra (kanan) usai pertemuan terkait proses seleksi administrasi calon penasihat KPK. (ANTARA)

EDITOR : OCTOBRYAN

3 Maret 2017, 10:10 WIB

INDONESIA

Sebanyak 34 orang pendaftar calon penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi lolos persyaratan administrasi. Mereka adalah bagian dari 3.264 pendaftar dari berbagai latar belakang.

"Mereka akan diuji lebih lanjut, pekan depan akan diumumkan," ujar anggota panitia seleksi Penasihat KPK, Mahfud MD, di gedung KPK, Kamis, 2 Maret 2017.

Ketua Panitia Seleksi Pemilihan Penasihat KPK Imam Prasodjo (tengah) mengapresiasi tingginya minat masyarakat untuk pemberantasan korupsi. (ANTARA)

Mantan ketua Mahkamah Konstitusi itu melanjutkan, ke-34 peserta yang lolos tersebut nantinya akan menjalani tes tertulis dengan membuat makalah masing-masing di KPK serta wawancara.

"Nanti akan terpilih delapan orang untuk kami serahkan kepada pimpinan KPK. Tetapi yang terpilih nantinya hanya empat orang," jelas Mahfud.

Pansel calon Penasihat KPK menerima 3000 lebih berkas pendaftaran. (ANTARA)

Sementara itu Ketua Pansel Penasihat KPK Imam Prasodjo tidak mengira akan ada ribuan orang yang mendaftar sebagai calon penasihat KPK. Menurutnya, hal ini menunjukkan tingginya minat masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi.

"Pendaftarnya luar biasa banyak, belum pernah saya alami sebelumnya, walau tentu banyak juga yang tidak memenuhi syarat," ujar Imam.

Sekjen KPK Bimo Gunung Abdul Kadir (tengah) bersama Ketua panitia seleksi pemilihan penasihat KPK Imam B. Prasodjo (kanan) serta anggota pansel Mahfud MD memberikan keterangan pers. (ANTARA)

Pendaftar, jelas Imam, terdiri atas berbagai latar belakang mulai dari ilmu hukum, ekonomi, teknologi informasi. Ia berharap nantinya, penasihat akan menjadi jembatan antara lembaga antirasuah itu dengan masyarakat.

"Sehingga nanti diharapkan KPK ini tidak hanya berkecimpung dengan dunianya sendiri tetapi lebih efektif menjaring komunikasi dengan dunia luar," ucap Imam.

Sekjen KPK Bimo Gunung Abdul Kadir (ketiga kiri) bersama Ketua panitia seleksi pemilihan penasihat KPK Imam B. Prasodjo (ketiga kanan) serta anggota pansel (kiri ke kanan) Busyro Muqoddas, Mahfud MD, Rhenald Kasali dan Saldi Isra. (ANTARA)

Sebelumnya, posisi penasihat diisi oleh Suwarsono di masa pimpinan Taufiequrachman Ruki sebagai Pelaksana Tugas Ketua KPK. Namun pada 2015, Suwarsono mengundurkan diri lantaran ingin fokus mengurus keluarga. Sejak saat itu belum ada lagi penasihat bagi KPK.

Dalam UU No 30 tahun 2002 tentang KPK, penasihat KPK terdiri dari empat orang. Dalam pasal 22 ayat 4 disebutkan calon anggota Tim Penasihat diumumkan terlebih dahulu kepada masyarakat untuk mendapat tanggapan sebelum ditunjuk dan diangkat oleh KPK berdasarkan calon yang diusulkan oleh panitia seleksi pemilihan.

DINA GURNING | HAFIED RANGGA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments