hero
Presiden Joko Widodo (kanan), Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz Al-Saud (kedua kanan), mantan Presiden Megawati Soekarnoputri (kiri) dan Menko PMK Puan Maharani (kedua kiri) melakukan swafoto (wef

EDITOR : REZA ADITYA

3 Maret 2017, 17:30 WIB

INDONESIA

Lawatan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud ke Indonesia menyedot perhatian media asing.  Hal yang mereka soroti adalah pembesar Negeri Minyak itu mau diajak swafoto dengan pejabat dan politikus di tanah air dan diunggah di media sosial.

Salah satu media yang cukup mengulas fenomena swafoto Raja Salman adalah Reuters. Dalam laporannya pada Jumat, 3 Maret 2017, kantor berita yang bermarkas di London itu menyebut Salman menciptakan bentuk diplomasi baru.

 

"Diplomasi selfie saat berkunjung di sejumlah negara Asia," tulis laporan Reuters. "Raja mulai melibatkan diri dalam swafoto dan juga berkenan untuk membuat video singkat."

Dalam laporan Reuters itu, disebut Raja Salman di negaranya tidak terlalu senang mengabadikan dirinya di dalam sebuah foto. Raja dianggap tertutup dari berbagai dokumentasi, kecuali dalam acara resmi.

"Ini sangat kontras dengan keagungan dan bentuk formal dari seorang raja, utamanya dalam kunjungan ke luar negeri," demikian tulis laporan itu. 

Raja Salman tiba di Indonesia pada 1 Maret 2017. Dia disambut Presiden Joko Widodo atau akrab disapa Jokowi dan diajak berkunjung ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Pada saat makan malam di Istana Bogor itu, Jokowi membuat video blogging (vlog) bersama dengan Raja Salman. Saat itu Salman terlihat sedang memakan sup.

Raja Salman diserbu selfie oleh sejumlah anggota DPR, Kamis, 2 Maret 2017. (NET)

 

Sang Raja menghentikan santapannya dan menyampaikan komentar di vlog Jokowi. "Saya sangat senang berada di Indonesia dan bersama masyarakat Indonesia," kata Salman. Vlog itu kemudian diunggah Jokowi di akun Facebook dan menjadi viral.

Di hari kedua kunjungannya di Indonesia, Raja Salman sowan ke gedung Dewan Perwakilan Rakyat. Di sana, dia menyampaikan pidato singkatnya mengenai lawatannya.

Usai pidato, Salman meninggalkan gedung parlemen. Namun, sejumlah wakil rakyat menghadangnya demi mengajak swafoto. Pemandangan ini dianggap tidak sesuai dengan protokoler kunjungan kenegaraan.

Setelah dari DPR, Raja Salman bertemu dengan Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan anaknya Puan Maharani. Mereka juga swafoto.

Sebelum mengunjungi Indonesia, Salman juga menyempatkan mampir ke Malaysia. Di sana, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak juga mengajaknya selfie.

REUTERS

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments