hero
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud dari Arab Saudi dalam pertemuan empat mata di Istana Bogor, Jawa Barat. (ANTARA)

EDITOR : OCTOBRYAN

2 Maret 2017, 11:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Setelah menandatangani 11 nota kesepahaman dengan Pemerintah Indonesia di Istana Bogor, kemarin, Raja Arab Saudi Salman Bin Abdulaziz Al Saud, Kamis, 2 Maret 2017 dijadwalkan akan mengunjungi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat, Masjid Istiqlal, dan Istana Negara.

Di Gedung Parlemen, Raja berusia 81 tahun itu direncanakan akan memberikan pidato kenegaraan di ruang sidang paripurna I. 

Petugas pengamanan melintasi kursi yang dipersiapkan untuk rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. (ANTARA)

Selain anggota DPR, MPR, dan DPD, pidato itu juga disaksikan sejumlah undangan antara lain Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Megawati Sukarnoputri, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, dan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Dalam rangkaian 30 menit kunjungan di DPR, Raja Salman juga akan menyaksikan pemutaran film dokumentasi kunjungan Raja Faisal yang pernah datang ke Indonesia pada tahun 1970. 

Foto aerial Masjid Istiqlal sejumlah anggota pecinta alam membersihkan menara Masjid Istiqlal di Jakarta. (ANTARA)

Tidak hanya itu, mantan gubernur Riyadh ini juga akan menandatangani piagam kedatangan bersama Ketua DPR Setya Novanto.

Selanjutnya, Raja Salman beserta rombongan akan mengunjungi Masjid Istiqlal, mereka akan melakukan Shalat Sunnah Tahiyatul Masjid di sana. 

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor. (ANTARA)

Masjid Istiqlal juga sudah melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kegiatan sang raja, mulai dari toilet hingga lift khusus.

Kunjungan Raja Salman ke Masjid Istiqlal akan turut didampingi oleh Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud dari Arab Saudi (kedua kiri) dalam pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat. (ANTARA)

Usai mengunjungi Masjid Istiqlal, Presiden Jokowi dan Raja Salman akan menanam pohon di halaman tengah, antara Istana Negara dan Istana Merdeka.

Sebenarnya, kegiatan menanam pohon diagendakan kemarin di Istana Bogor. Namun karena hujan, acara dibatalkan dan dipindahkan hari ini.

Sejumlah siswa Sekolah Dasar memegang bendera untuk menyambut kedatangan Raja Salman di Sekitar Istana Bogor,  Kota Bogor, Jawa Barat. (ANTARA)

Mereka kemudian akan melanjutkan perjalanan ke Istana Merdeka. Disana Raja Salman akan mengadakan pertemuan bersama ormas islam yaitu Majelis Ulama Indonesia, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama.

Raja Salman dan tokoh Islam akan membahas bagaimana agama bisa dimanfaatkan untuk menjadi landasan sekaligus tujuan menciptakan peradaban dunia yang penuh kedamaian.

PRITA KUSUMA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments