hero
Ilustrasi korupsi proyek e-KTP. (NET.Z/Wishnu Adi)

EDITOR : REZA ADITYA

7 Maret 2017, 11:25 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Juru bicara Komisi Pemberantasan Korupsi Febri Dianysah mengatakan ada sejumlah nama penggede di pusaran korupsi proyek Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-KTP). Nama-nama itu akan diungkap dalam sidang dakwaan pada Kamis, 9 Maret 2017.

"Terkait dengan nama-nama yang akan disebutkan nanti pada 9 Maret 2017 kami akan buka," kata Febri, Senin, 6 Maret 2017 malam. "Bukan sebatas nama, tapi lebih kompleks, ada peran dan posisi yang bersangkutan."

Komisi akan menggelar sidang dakwaan bagi dua tersangka kasus korupsi e-KTP Kamis nanti. Mereka adalah bekas Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri Sugiharto.

Ilustrasi korupsi r e-KTP. (NET.Z/Muhamad Febriyanto)

 

Serta Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Irman. Sugiharto ditetapkan tersangka oleh KPK sejak tahun 2014. Sedangkan Irman dijerat sangkaan rasuah pada akhir September 2016.

Keduanya diyakini terlibat korupsi pengadaan e-KTP pada 2011-2012. Nilai kerugian akibat penyelewengan ini diduga mencapai Rp 2 triliun. Komisi sejak tahun 2014 sudah memeriksa ratusan saksi dalam kasus ini.

Mereka yang diperiksa sebagai saksi adalah puluhan anggota Dewan Perwakilan Rakyat, mantan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi dan sejumlah pihak swasta yang diduga terlibat dalam pengadaan kartu identitas itu.

Namun, Komisi baru menetapkan Sugiharto dan Irman sebagai tersangka setelah bertahun-tahun menyidik rasuah ini. Febri mengatakan dakwaan Sugiharto dan Irman nanti menjadi momentum lembaganya untuk menjerat tersangka-tersangka lain.

Karena menurut dia, Sugiharto dan Irman secara detail menyebut keterlibatan nama-nama penggede dalam skandal ini. "Tahap pengadaan juga ada indikasi pengkondisian pemenang, termasuk indikasi adanya aliran dana pada pihak pihak tertentu."

DEVY ASHARI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments