hero
(CNBC)

EDITOR : YAYAN SUPRIYANTO

1 Maret 2017, 15:05 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Salman bin Abdulaziz al-Saud yaitu Raja Arab Saudi akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia mulai dari tanggal 1-9 Maret 2017. Seperti yang sedang banyak Diperbincangkan bahwa ia akan membawa rombongan yang jumlahnya fantastis, yaitu kurang lebih 1.500 orang.

Dari jumlah tersebut, terdapat 10 menteri dan 25 pangeran. Di luar kedatangan Raja Salman dan segala bentuk kerja sama yang akan terjadi dengan Indonesia, sudahkah kamu tahu fakta-fakta terkait Raja Salman? Yuk, kita lihat fakta-fakta mengenai Raja Salman yang wajib kamu tahu. Check this out!

Hafal Alquran di usia 10 tahun

Raja Salman muda. (Businessinsider)

Sebagaimana tradisi kerajaan-kerajaan Islam, anak-anak raja dan para pangeran memperoleh pendidikan di sekolah khusus kerajaan. Termasuk  Raja Salman bin Abdul Aziz. Ia pertama kali menimba ilmu di Madrasah Umara (Princes School) di Riyadh. Di sana ia mempelajari ilmu agama dan sains modern. Raja Salman juga berhasil menghafalkan 30 juz Alquran saat usianya masih 10 tahun.

Ayah dari astronot muslim pertama yang sholat di luar angkasa

Sultan bin Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Alchetron)

Putra Raja Salman yaitu Sultan bin Salman bin Abdulaziz Al Saud adalah astronot muslim pertama. Sultan bersama tujuh orang lainnya membawa pesawat Discovery ke angkasa dari  Kennedy Space Center, Amerika Serikat 17 Juni 1985.

Pangeran Arab Saudi itu menjadi muslim pertama di luar angkasa. Ia mengikuti misi untuk menempatkan sebuah satelit untuk Arab Satellite Communications Organization (Arabsat). Tak hanya muslim pertama yang menjadi astronot, Sultan adalah manusia pertama yang salat dan melantunkan ayat-ayat suci Alquran dalam kondisi nol gravitasi.

Telah menikah tiga kali

Raja Salman & Putra Mahkota Mohammad Bin Salman Al Saud. (AP)

Salman menikah sebanyak tiga kali. Istri pertamanya Sultana binti Turki Al Sudairi meninggal pada tahun 2011 setelah berjuang melawan penyakit. Pada pernikahan ini, Salman mendapatkan enam anak, antara lain Fahd bin Salman, Ahmad bin Salman, Sultan bin Salman, Abdulaziz bin Salman, Faisal bin Sultan, dan Hussa binti Salman.

Istri keduanya adalah Sarah binti Faisal Al Subai'ai. Dari pernikahan ini Salman memiliki putra bernama Saud bin Salman. Sementara dari pernikahan ketiganya dengan Fahda binti Falah bin Sultan Al Hithalayn, Salman dikaruniai lima anak, antara lain Mohammed bin salman, Turki bin Salman, Khalid bin Salman, Nayif bin Salman, Bandar bin Salman, dan Rakan bin Salman.

Pernah meninggalkan Presiden Amerika Serikat Barack Obama untuk Salat Asar

(The National)

Segala gerak-gerik Raja Salman selalu menjadi perhatian dunia. Termasuk aksinya yang meninggalkan Presiden Amerika Serikat ke-44 Barack Obama untuk menunaikan Salat Asar. Peristiwa itu terjadi saat menyambut Obama di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada 2015 lalu.

Raja Salman yang mendengar suara azan, langsung meminta izin kepada Obama untuk meninggalkannya sejenak demi menunaikan salat. Padahal penyambutan itu disiarkan secara langsung oleh beberapa stasiun televisi.

Pernah mengeksekusi Pangeran Turki

Pangeran Turki bin Saud al-Kabi. (Pakistantv)

Raja Salman pernah membuktikan jika hukum di Arab Saudi tidak tumpul ke bawah. Tahun 2016 lalu, Pangeran Turki bin Saud al-Kabir dijatuhi hukuman pancung setelah menembak mati warga Arab Saudi. Pangeran Turki mengaku bersalah telah membunuh Adel al-Mahemid. Eksekusi terhadap keluarga kerajaan Arab ini atas perintah Raja Salman.

Periode Gubernur Riyadh terlama

(AFP)

Dalam dunia politik, Raja Salman dikenal menjabat sebagai Gubernur Riyadh terlama. Menjabat sebagai Gubernur Riyadh dari April 1955 sampai Desember 1960 dan yang kedua kalinya dari Februari 1963 sampai 5 November 2011. Sebagai ibu kota Arab Saudi, Raja Salman meningkatkan kota ini menjadi kota metropolis besar dengan lebih dari 5 juta penduduk.

Pernah menjadi Putra Mahkota dan Menteri Pertahanan

Raja Salman bersama PM. Malaysia Najib Razak. (Twitter/MY_Airports)

Pada November 2011 Raja Salman diangkat menjadi Menteri Pertahanan. Sebagai Menteri Pertahanan, dirinya secara agresif mendorong militer Saudia untuk siap melawan konflik dengan Iran saat itu. Pada Juni 2012, Raja Salman diangkat menjadi Putra Mahkota Arab Saudia tak lama setelah kematian saudaranya, Putra Mahkota Nayef bin Abdulaziz.

Masalah kesehatan

Raja Salman bersama Presiden Jokowi. (alarabiya)

Raja Salman dilaporkan menderita stroke yang telah membuat pergerakan lengan kirinya terbatas. Beberapa sumber menyebutkan bahwa telah muncul peringatan akan kesehatannya. Mengingat usia Raja Salman, ada kekhawatiran tentang staminanya.

HEAVY | BBC | CNN | BERBAGAI SUMBER

7

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments