hero
Raja Salman tiba di Malaysia, 26 Februari 2017. (TWITTER/MY_Airports)

EDITOR : TITO SIANIPAR

28 Februari 2017, 18:00 WIB

INDONESIA

Rombongan besar Kerajaan Arab Saudi mulai tiba di tanah air melalui Bandara Halim Perdanakusuma. Mulai hari ini hingga esok akan ada beberapa penerbangan yang tiba hingga Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud.

"Kunjungan ke Indonesia ini sangat penting. Kami merasa bangga kunjungan Raja ini bisa terlaksana," kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Osama bin Mohammed Al Shuaibi di Jakarta, Selasa, 28 Februari 2017.

Rombongan pertama tiba adalah pada Selasa, 28 Februari 2017 sekitar pukul 10.00 WIB. Di antara rombongan awal itu, turut juga Kepala Kepolisian Arab Osman Al Muhrij.

Duta Besar Osama bin Mohammed Al Shuaibi. (ANTARA)

Sepanjang hari ini ada beberapa pesawat lainnya yang tiba di Bandara Halim Perdanakusuma. Berikutnya adalah pukul 17.00 WIB yang membawa sekitar 400 orang anggota delegasi.

Setelah itu ada pesawat lain yang tiba pukul 22.00 WIB. Penerbangan ini berisi antara lain 42 anggota delegasi, termasuk Pangeran Arab Saudi. Seperti diketahui, Raja Salman membawa serta 25 pangerannya.

Raja Salman sendiri diperkirakan akan tiba pada Rabu, 1 Maret 2017 sekitar pukul 13.45 WIB. Menurut rencana, Presiden Joko Widodo dan beberapa pejabat akan menyambut langsung Raja Salman di bandara.

Kru pesawat Kerajaan Arab yang tiba pertama. (NET/Jaja)

Penerbangan Raja Salman juga dipastikan akan mengganggu jadwal penerbangan komersial di Halim Perdanakusuma. Pasalnya, sebagai kepala negara ada prosedur protokoler penerbangan yang harus ditaati.

Diperkirakan akibat kedatangan Raja Salman, beberapa penerbangan akan mengalami keterlambatan hingga 45 menit. Notice to Airmen soal ini juga sudah disosialisasikan.

Total terdapat 29 penerbangan yang mengangkut rombongan Raja Salman ke Indonesia. Mulai dari kargo, rombongan 1.500 orang, Sang Raja, hingga tim medis yang menyusul setelah Raja Salman.

Presiden Jokowi dan Raja Salman, September 2015. (ALARABIYA)

Pengamanan di Halim Perdanakusuma dipastikan dikendalikan pasukan pengamanan presiden karena tamu setingkat kepala negara. Pesawat rombongan Arab juga mendapat tempat parkir khusus di Sasana Manggala Praja.

ANJANA DEMIRA | ARKAN DHANU

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments