hero
Pesawat Boeing Kerajaan Arab Saudi. (WIKIPEDIA)

EDITOR : TITO SIANIPAR

28 Februari 2017, 15:15 WIB

INDONESIA

Rombongan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al-Saud mulai tiba di tanah air. Kunjungan Raja Salman dinilai merupakan fenomena luar biasa, pasca kunjungan terakhir Raja Faisal bin Abdulaziz pada 1970 lalu.

Pada Selasa, 28 Februari 2017 pagi, sebuah pesawat Boeing 777 Widebody miliki Kerajaan Arab Saudi tiba di Bandara Halim Perdanakusuma. Pesawat itu membawa orang-orang sebagai pendahuluan sebelum Raja Salman.

Salah satu pejabat yang ada di dalam pesawat itu adalah Kepala Kepolisian Arab Saudi Osman Al Muhrij, lengkap dengan stafnya. Mereka mendarat sekitar pukul 10.00 WIB.

Pesawat Arab di Halim Perdanakusuma. (NET/Jaja)

Selain pesawat Boeing 777 Widebody itu, juga terdapat dua pesawat lainnya yang terparkir di Bandara Halim. Diperkirakan dua pesawat Boeing 737-800 itu akan berada di Halim hingga esok.

Raja Salman sendiri diperhitungkan akan tiba pada Rabu, 1 Maret 2017. Orang nomor satu di Arab Saudi ini akan tiba dengan Boeing 777-400 khusus untuk anggota kerajaan Arab.

Pakar Hubungan Internasional Universitas Gajah Mada Yogyakarta Dafri Agussalim mengatakan kunjungan Raja Salman ini merupakan fenomena luar biasa. "Datang dengan membawa rombongan yang begitu besar," kata Dafri.

Para kru pesawat Arab yang tiba hari ini. (NET/Jaja)

Menurut Dafri, turunnya harga minyak dan menipisnya cadangan membuat Arab mencari sumber dan bisnis lainnya di luar minyak. "Ini bagian diversifikasi usaha dari Arab Saudi," kata dia.

Rencananya Raja Salman akan berada di Jakarta dari 1 Maret 2017 hingga 3 Maret 2017. Selanjutnya Raja Salman bersama rombongan lebih dari 1.000 orang akan liburan di Bali sejak 4 Maret 2017 hingga 9 Maret 2017.

Turut juga dalam rombongan Raja Salman antara lain 25 orang pangeran kerajaan dan 10 orang menteri Arab. Mereka menggunakan tujuh pesawat dalam tur keliling Asia-nya ini.

Raja Salman di Malaysia. (TWITTER/MY_Airports)

Sebelum Indonesia, Raja Salman terlebih dahulu ke Malaysia. Dan sesudah Indonesia, Raja Salman direncanakan ke Jepang dan Cina. Saat ini Raja Salman masih berada di Malaysia.

BERTIN AKBARISA | SIGIT PAMUNGKAS

2

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments