hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

27 Februari 2017, 06:32 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Belanda terkenal dengan proyek-proyek ramah lingkungan, bahkan mungkin satu-satunya negara yang paling memerhatikan kesejahteraan dan perlindungan hewan. Fakta ini menjadi bukti jika Belanda adalah negara dengan peradaban tinggi, bahkan disebut-sebut sebagai negara masa depan. Bagaimana tidak? Hewan saja dilindungi, apalagi manusia.

Indikator lain, banyak proyek-proyek ambisius Belanda yang kemudian terkenal dan memukau banyak orang di dunia. Hingga semua orang berpikir, tampaknya setiap negara harus mencontoh Belanda, atau setidaknya mencoba untuk melaksanakan 7 proyek mengagumkan ini:

1. Tak Ada Hewan Peliharaan yang Ditinggalkan

Dua ekor anjing di depan pintu. (BRIGHTSIDE)

Belanda satu-satunya negara yang tidak membiarkan hewan peliharaan terlantar atau ditelantarkan. Baru-baru ini Belanda membikin regulasi yang mengatur tidak ada kucing atau anjing tunawisma. Hebatnya, regulasi ini tidak dilakukan dengan cara kekerasan, membunuh atau melenyapkan hewan peliharaan yang berkeliaran di jalan, misalnya.

Yups, Pemerintah Belanda berhasil melakukan penertiban hewan peliharaan di jalanan tanpa ‘menggusur’ atau membahayakan hewan. Contohnya untuk untuk menjamin hak-hak anjing, otoritas di sana membuat hukum yang ketat terhadap penyalahgunaan anjing, termasuk memberikan sanksi kepada orang atau pelaku penyalahgunaan tersebut.

2. Penyeberangan Khusus Satwa Liar

Jalur penyeberangan khusus satwa liar. (BRIGHTSIDE)

Masih soal hewan, di Belanda terdapat ecoducts, yaitu penyeberangan atau perlintasan yang dibangun khusus untuk satwa liar. Sarana ecoducts bukti bahwa Pemerintah Belanda amat melindungi kelestarian hewan liar.

Mereka membangun ecoducts di sejumlah jalan raya yang dinilai sering menjadi perlintasan hewan liar, misalnya di jalan-jalan yang dekat dengan hutan atau habitat hewan liar. Dengan ecoducts, hewan-hewan liar diharapkan menyeberang jalan raya dengan aman tanpa khawatir tertabrak kendaraan.

 3. Jalur Sepeda Bertenaga Surya Pertama di Dunia

Jalur sepeda tenaga surya. (BRIGHTSIDE)

Proyek yang disebut SolaRoad adalah hasil kolaborasi antara pemerintah, swasta, dan akademisi. SolaRoad pertama kali dibuka pada 2015. Panjangnya hanya 100 meter, tetapi proyek ini terobosan besar dalam pembangunan jalan masa depan.

Apa kehebatan SolaRoad? Jalan ini memanfaatkan tenaga surya untuk penerangan jalan hingga pengisian kendaraan listrik. Tak perlu SPBU. Matahari yang menyinari jalan diserap sebagai sumber energi. Pada malam hari, warga yang bersepeda listrik maupun sepeda biasa bisa nyaman dan aman melintas di jalur ini, tidak takut gelap atau kehabisan baterai.

4. Banyak Stasiun Pengisian Listrik untuk Mobil Listrik

Stasiun pengisian listrik untuk mobil. (BRIGHTSIDE)

Kekuatan lain dari sistem transportasi Belanda adalah transportasi dengan teknologi berkelanjutan. Belanda berupaya keras mengurangi penggunaan kendaraan yang menggunakan BBM atau bahan bakar yang bersumber dari perut bumi.

BBM merupakan bahan bakar yang jumlahnya terbatas, pengeborannya merusak lingkungan, begitu juga pemakaiannya menimbulkan gas rumah kaca yang mencemari udara. Maka Belanda membangun banyak titik pengisian listrik bagi kendaraan bertenaga listrik.

Stasiun pengisian listrik itu dibangun tiap 50 meter. Sehingga warga yang memakai kendaraan bertenaga listrik tidak khwatir mogok di tengah jalan.

5. Kota Tanpa Mobil

Warga Belanda beraktivitas menggunakan sepeda. (BRIGHTSIDE)


Di Belanda ada sebuah kota di mana kamu tidak menemukan mobil. Kota kunokah itu? Tentu bukan. Justru kota masa depan yang sadar akan keberlanjutan hidup yang ramah lingkungan.

Kota itu bernama Houten. Kota ini dinilai tempat teraman di dunia. Pada awal tahun 1980-an, 4.000 warga kota membuat keputusan yang mendorong penggunaan sepeda daripada mobil, apalagi motor. Perlahan
tapi pasti, keputusan radikal ini membuat semua warga terbiasa bersepeda. Kendaraan bertenaga BBM ditinggalkan, kuno.

6. Pemerintah Larang Penjualan BBM dan Mobil Bertenaga BBM

Tanda larangan menggunakan bahan bakar minyak. (BRIGHTSIDE)

Belanda akan melarang penjualan BBM maupun mobil bertenaga BBM. Pemerintah mentargetkan tahun 2025 tidak akan menjual BBM. Sebagai bonus, warga yang memiliki mobil dengan bahan bakar alternatif ramah lingkungan tidak harus membayar pajak kendaraan bermotor.

Kendaraan ramah lingkungan juga akan dijual lebih murah lagi.

7. Penutupan Penjara

Ruangan penjara yang kosong. (BRIGHTSIDE)

Berbeda jauh dengan di kita dan di negara-negara lain yang selalu mengalamai kelebihan penghuni penjara, di Belanda justru sering terjadi penutupan penjara.

Hal itu menunjukkan pemerintah Belanda telah mengambil langkah-langkah serius untuk mengurangi kejahatan di negaranya. Dan hasilnya sangat sukses. Jumlah tahanan terus berkurang. Sejak 2009, ada 19 penjara yang ditutup.

Menurut laporan terakhir, tingkat penahanan di Belanda rata-rata 163 orang dari 100.000 penduduk. Jumlah ini kurang dari setengahnya dibandingkan tingkat penahanan di Brasil.


BRIGHT SIDE

3

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments