hero
Kotak suara wilayah kota administratif yang direkapitulasi KPU Jakarta. (NET)

EDITOR : REZA ADITYA

26 Februari 2017, 18:05 WIB

INDONESIA

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta hari ini menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara pemilihan kepala daerah ibu kota tingkat provinsi. Hasilnya, pasangan calon Basuki Tjahaja Purnama-Djarot Saiful Hidayat meraup suara terbanyak.

"Kami memberikan tiga hari setelah rekapitulasi ini kepada tiga pasangan calon apa akan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi," kata Sumarno, Ahad, 26 Februari 2017. "Jika tidak kami akan melakukan penetapan pada 4 Maret nanti."

Pasangan calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat. (ANTARA)

 

Dari hasil rekapitulasi itu, pasangan calon gubernur petahana Basuki-Djarot menduduki peringkat pertama dengan perolehan 2.364.577 suara. Di susul kandidat Anies Baswedan-Sandiaga Uno yang memperoleh 2.197.333 suara.

Paling buncit ditempati pasangan Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni yang hanya meraup 937.955 suara. Secara presentase, Agus-Sylvi hanya meraih 17,05 persen suara.

Calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kiri), dan Calon Wakil Gubernur Sandiaga Uno memberikan salam usai debat ketiga Pilkada DKI Jakarta di Jakarta. (ANTARA)

 

Adapun Anies-Sandi sebanyak 39,95 persen dan paling tinggi adalah Ahok-Djarot dengan presentase 42,99 persen. Tak beda jauh dengan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survei.

Pasangan Ahok-Djarot dalam hasil rekapitulasi ini juga menang di empat wilayah. Seperti Kepulauan Seribu, Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Jakarta Pusat. Anies-Sandie hanya unggul di dua wilayah, yaitu Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

Calon Gubernur DKI Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono (kiri) dan Calon Wakil Gubernur Slyviana Murni memberikan salam usai debat ketiga Pilkada DKI Jakarta di Jakarta. (ANTARA)

 

Pasangan Agus-Sylvi harus menelan pil pahit karena tidak menang di satu kota administratif sama sekali. Usai pemilhan pada 15 Februari kemarin, Agus legowo.

Sumarno mengatakan total pemilih di pilkada DKI mencapai 7.356.426 orang. Namun, yang menggunakan hak pilihnya hanya sebanyak 5.564.313 manusia.

DEVY ASHARI

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments