hero
Doan Thi Huong, yang diduga membunuh Kim Jong-nam mengunggah foto di akun Facebook miliknya. (THE STAR)

EDITOR : REZA ADITYA

23 Februari 2017, 20:00 WIB

VIETNAM

Doan Thi Huong, perempuan warga negara Vietnam yang diduga sebagai eksekutor pembunuh Kim Jong-nam, merupakan mantan penyanyi profesional di negerinya. Dilansir Reuters, Kamis, 23 Februari 2017, Doan juga pernah mengikuti Vietnam Idol.

"Ada seorang yang wajahnya sama persis dengan Doan dan bernyanyi di Vietnam Idol sebagai kontestan nomor 67816 pada tanggal 3 Juni 2016," demikian laporan Reuters, Kamis, 23 Februari 2017.

Hal itu terungkap dari dua akun Facebook Doan yang dinamainya Bella Tron Tron Bella-Chubby Bella dan Ruby Ruby. Dari dua akun itu, hanya satu yang masih aktif dan terlihat memuat unggahan terakhir pada 11 Februari 2017, yaitu Ruby-Ruby.

Doan Thi Huong saat ditangkap Polisi Malaysia lantaran diduga membunuh Kim Jong-nam. (REUTERS)

 

Sedangkan akun Doan yang diberi nama Bella Tron Tron Tron Bella-Chubby Bella terakhir aktif pada tahun lalu. Tapi, di akun itulah segala aktivitas perempuan berusia 28 tahun itu diunggah.

Salah satunya adalah fotonya saat mengikuti kontes pencarian bakat Vietnam Idol. Doan dalam kontes itu memakai identitas nama lain, Dinh Thi Khuyen asal kota Nam Dinh pada tahun lalu. 

Nam Dinh merupakan kota yang sama sesuai paspor Doan saat ditemukan oleh Polisi Diraja Malaysia tak lama setelah kematian Jong-nam.

Doan Van Thanh, ayah Doan Thi Huong. (REUTERS)

 

Juru bicara tim pencari bakat Vietnam Idol menolak berkomentar atas keikutsertaan Doan dalam ajang tarik suara itu. Mereka tak menjawab pertanyaan wartawan Reuters untuk dikonfirmasi bahwa Doan pernah jadi bagian dari Vietnam Idol.

Keluarga Doan di Nam Dinh terbilang sederhana.  Doan Van Thanh, ayah Doan, bekerja sebagai seorang satpam di salah satu pusat perbelabnjaan. Thanh mengatakan anaknya itu memang memiliki bakat menyanyi sejak kecil.

Thanh mengisahkan Doan mulai meninggalkan rumahnya di Nam Dinh sepuluh tahun lalu. Saat itu Doan masih berusia 18 tahun dan berniat meniti karir di Hanoi.

Menurut Thanh, sejak kepergiannya itu, Doan pulang ke kampung halamannya hanya setahun sekali. Dia kaget dan tak menyangka anaknya itu terjerat dalam kasus pembunuhan di Negeri Jiran.

"Saya sudah dihubungi oleh pemerintah Vietnam, tapi mereka juga belum memberi kepastian bahwa Doan sebagai pelaku pembuuhan itu," ujar Thanh. "Meskipun saya seorang ayah, tapi saya tidak bisa mengontrol apa yang terjadi di luar sana."

Than hanya bisa pasrah anaknya itu kini mendekam sebagai pesakitan di Malaysia. Dia berharap pemerintah Vietnam mengambil langkah untuk membebaskan Doan.

Doan Thi Huong ditangkap atas dugaan pembunuhan terhadap Kim Jong-nam, abang tiri pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. Selain Doan, ada sejumlah pelaku lain yang ditangkap, salah satunya adalah Siti Aisyah, warga negara Indonesia.

REUTERS | THE STAR

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments