hero
Kartu merah buat Alex Telles. (UEFA)

EDITOR : TITO SIANIPAR

23 Februari 2017, 13:50 WIB

PORTUGAL

Juventus menang 2-0 atas tuan rumah Porto pada laga leg pertama babak 16 besar Liga Champions di Estadio do Dragao, Kamis 23 Februari dinihari. Kartu merah menguntungkan Juventus.

Dua gol Juventus dicetak pada menit ke-72 dan ke-74 oleh dua pemain pengganti yang dimasukkan pelatih Massimiliano Allegri. Mereka adalah Marko Pjaca dan Dani Alves.

Juventus kesulitan mengalahkan Porto, meski tuan rumah sudah tampil dengan sepuluh pemain sejak menit ke-27 setelah Alex Telles diusir wasit. Butuh waktu lebih dari satu babak baru Juve sukses membobol gawang lawan.

"Tim bisa mengendalikan permainan, baik melawan 11 atau 10 pemain Porto. Para pemain mampu bermain secara sabar, memaksa tim lawan bermain melebar dan pada akhirnya membawa pulang kemenangan penting," ujar Allegri.

Penyerang Juventus mencoba bobol gawang Porto. (UEFA)

Keputusan Allegri memasukkan Pjaca menggantikan Juan Cuadrado menit ke-67 dan Dani Alves menggantikan Stephan Lichtsteiner menit ke-73 patut dipuji. Cuadrado dan Lichtsteiner kesulitan membongkar lini pertahanan lawan.

Dari kubu Porto, kekalahan dari Juventus ini adalah untuk kali pertama di Estadio do Dragao sejak April 2016, atau 297 hari lalu. Ketika itu Porto kalah dari Sporting Lisbon.

Pelatih Porto, Nuno Santo, menganggap kartu merah yang didapat Telles seharusnya bisa dihindari timnya. Santo juga memuji semangat suporter Porto yang terus memberi dukungan di Estadio do Dragao.

"Di Liga Champions, setiap wasit bisa membuat keputusan berbeda. Tapi, kejadian ini bisa membuat tim kami lebih baik lagi," ujar Santos. "Semuanya belum selesai, masih ada leg kedua."

Juventus merayakan kemenangan. (UEFA)

Kemenangan di leg pertama membuat Juventus memiliki peluang lebih besar untuk lolos ke perempat final. Pertemuan I Bianconeri menjamu Porto di kandang akan berlangsung pada 14 Maret 2017. 

Juventus punya rekor impresif di kandang. Paulo Dybala dan kawan-kawan tidak pernah kalah dalam 42 pertandingan kandang terakhir (36 menang, enam kali imbang), serta mencetak 91 gol dan hanya kebobolan delapan kali.

FOOTBALL ITALIA | UEFA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments