hero
Foto Siti Aisyah saat diperiksa Kepolisian Diraja Malaysia. (REUTERS)

EDITOR : OCTOBRYAN

22 Februari 2017, 11:10 WIB

DKI JAKARTA, INDONESIA

Penyelidikan kasus pembunuhan Kim Jong-nam terus dilakukan, Kedutaan Besar Indonesia mengkonfirmasi Siti Aisyah, terduga pembunuh Jong-nam tidak terdaftar sebagai tenaga kerja Indonesia di Malaysia.

"Dia datang menggunakan visa kunjungan sosial budaya, dari catatan kami, Aisyah tidak terdaftar sebagai TKI," ujar Andreano Erwin, Wakil Kepala Perwakilan RI di Malaysia, Rabu, 22 Februari 2017.

Kepolisian Diraja Malaysia meninggalkan kamar jenazah Rumah Sakit Umum Kuala Lumpur dimana jasad Kim Jong Nam diautopsi di Malaysia. (REUTERS)

Erwin melanjutkan, visa bebas kunjungan yang berlaku selama satu bulan itu dimanfaatkan beberapa kali oleh Aisyah untuk masuk ke Malaysia. Aisyah sendiri diketahui masuk melalui Batam.

"Tentu banyak hal yang dilakukan Aisyah selama itu. Namun kami belum bisa menanyakannya karena belum bisa bertemu,"

Meski demikian, Erwin berharap ada perkembangan signifikan terhadap penyelidikan yang dilakukan pemerintah Malaysia selama tujuh hari belakangan.

Duta Besar Korea Utara untuk Malaysia Kang Chol berbicara dalam konferensi pers mengenai pembunuhan Kim Jong Nam. (REUTERS)

Menurut Erwin, pemerintah Malaysia bisa saja memperpanjang masa tahanan Aisyah, karena bukti-bukti keterlibatan wanita asal Serang tidak cukup kuat untuk diajukan ke jaksa penuntut umum.

"Baru hari ini akan diumumkan, kita tunggu saja. Maksimal masa penahanan 14 hari," jelasnya.

Sejauh ini, imbuh Erwin, pihak pengacara terus berkomunikasi dengan penyidik di kepolisian Malaysia sehingga semua detail perkembangan penyidikan kasus Aisyah terus dipantau.

Tersangka Doan Thi Huong dari Vietnam (kiri atas), RI Jong Chol dari Korea Utara (kanan atas), Siti Aisyah dari Indonesia (kiri bawah) dan Muhammad Farid Bin Jallaludin (kanan bawah). (REUTERS)

Tidak hanya Aisyah yang ditangkap atas kasus pembunuhan Kim Jong-nam di Bandara Internasional Kuala Lumpur, Senin, 13 Februari lalu, Malaysia juga menangkap seorang warga negara Vietnam bernama Doan Thi Huong. Ia diduga merupakan perempuan yang melakukan pembunuhan di bandara bersama Siti Aisyah.

Tersangka lain yang sudah ditangkap adalah warga Korea Utara Ri Jong Chol, 46 tahun dan warga Malaysia Muhammad Farid bin Jalaluddin yang disebut-sebut adalah pacar Siti Aisyah.

Pihak Malaysia sendiri mengumumkan beberapa tersangka lain yang diduga terlibat antara lain empat warga Korea Utara. Mereka adalah Ri Ji Hyon, 33 tahun; Hong Song Hac, 34 tahun; O Jong Gil, 55 tahun; dan Ri Jae Nam,57 tahun.

ENDA TARIGAN | DIKA WIDIARTO

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments