hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

20 Februari 2017, 09:10 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Sekarang ini, banyak orang mengonsumsi madu secara rutin untuk kesehatan bahkan digunakan sebagai perawatan kulit.

Yups, madu memang memiliki rasa yang nikmat dan juga kaya akan nutrisi penting bagi tubuh. Tapi, tahu kah kamu jika madu punya banyak manfaat lain yang mungkin belum banyak kamu ketahui? Berikut NET.Z bahas delapan diantaranya.

1. Mengawetkan Buah

Manisan buah dalam toples. (MASHED)

Madu ternyata bisa dipakai mengawetkan buah lho, bahkan hingga 6 bulan lamanya. Caranya mudah, cukup memasukkan buah ke dalam toples berisi madu lalu simpan dalam lemari es.

Beberapa jenis buah yang bisa diawetkan antara lain, cranberry, lemon dan jeruk. Pada jaman Yunani Kuno, madu juga digunakan untuk mengawetkan sejenis pir, bernama 
quince, yang dapat digunakan untuk meredakan masalah perut.

2. Obat Batuk

Minuman jeruk lemon dan madu hangat. (MASHED)

Khasiat madu sebagai obat batuk sudah diketahui sejak lama. Selain itu, madu juga bisa melegakan tengorokan. Minum teh panas dengan madu telah terbukti meringankan beberapa gejala flu.

Bisa juga dicampur dengan air panas dan jeruk lemon. Satu sendok teh madu setiap hari juga akan meringankan batuk.

3. Homemade Marshmallow

Marshmallow buatan rumah. (MASHED)

Bagi penyuka permen kenyal marshmallow, bisa membuat sendiri dengan menggunakan madu. Caranya mudah, campur madu, gelatin dan larutan vanila, garam dan air.

Dengan marshmallow bikinan sendiri dijamin lebih sehat dan bebas gula berlebih.

4. Anti Bakteri

Madu dan obat-obatan yang biasa disimpan di rumah. (MASHED)

Madu sudah digunakan dalam terapi kesehatan sejak lama, sekitar tahun 2100 dan 2000 SM. Aristoteles menyebutnya obat mujarab untuk mengurangi rasa sakit akibat sakit mata.

Madu mengandung defensin-1 yang memiliki sifat anti bakteri. Apabila dicampur dengan zat lain, seperti zat asam rendah, maka madu bisa menjadi penyembuh luka alami.

Sementara itu dalam dunia medis, terapi madu membantu mempercepat penyembuhan luka besar dan meningkatkan stabilitas cangkokan kulit. Penting banget menyimpan madu di dalam rumah kamu karena bisa mengobati luka ringan, lecet, bisul dan bahkan luka bakar.

5. Cokelat Buatan Sendiri

Cokelat madu. (MASHED)

Pernah makan coklat madu? Jika belum, kamu bisa membuat sendiri dark chocolate yang enak dan sehat. Komposisinya terdiri dari madu, cocoa butter, raw chocolate dan vanila.

Kamu tidak perlu takut lagi ngemil dark chocolate madu bikinan sendiri.

6. Meredakan Sariawan

Gadis yang sedang sariawan. (MASHED)

Tidak hanya gejala flu dan radang tenggorokan, madu terbukti ampuh meredakan sariawan. Sebuah penelitian yang dilakukan di Salman bin Abdulaziz University di Arab Saudi menemukan bahwa minum madu setelah makan secara rutin bisa menyembuhkan sariawan dalam waktu empat hari.

Cara ini lebih cepat dan efektif dibandingkan peggunaan krim kortikosteroid yang banyak digunakan untuk mengobati sariawan.

7. Sirup Madu

Madu dengan air lemon dan perasa buah. (MASHED)

Ingin minum sirup tanpa rasa takut penyakit gula, kamu bisa mencoba sirup madu ini. Tinggal tambahkan saja air lemon, strawberry, cranberry atau mint sebagai variasi rasa.

Masukan dalam botol dan simpan di lemari es. Sirup madu dijamin lebih sehat dan bebas gula berlebih.

8.
Pengganti makanan

Berbagai jenis makanan. (MASHED)

Manfaat madu yang terakhir adalah sebagai pengganti makanan. Saat kamu melakukan pendakian atau berpetualang di mana kamu sulit mendapat makanan pokok, atau kehabisan stok makanan, maka madu bisa menjadi solusi.

Dalam kondisi darurat pun, madu bisa memberikan kamu nutrisi untuk kebugaran dan kesehatan tubuh tanpa perlu repot memasaknya terlebih dahulu.

MASHED

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments