hero
Asria, ayah Siti Aisyah memegang foto Siti Aisyah yang meninggalkan rumah sejak tahun lalu. (NET/Anan)

EDITOR : OCTOBRYAN

19 Februari 2017, 18:30 WIB

INDONESIA

Investigasi atas kasus kematian kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong Un di Kuala Lumpur International Airport Malaysia masih terus bergulir. Hingga Minggu, 19 Februari 2017, polisi Malaysia telah menangkap nama-nama yang diduga terlibat salah satunya adalah WNI asal Serang bernama Siti Aisyah.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir mengatakan, pihaknya telah melakukan sejumlah upaya untuk mendapat akses konsuler agar bisa melakukan pendampingan terhadap Siti Aisyah. 

Kepolisian Malaysia rilis rekaman CCTV mengani satu terduga pembunuh Kim Jong Nam. (REUTERS)

Kendati demikian, sistem investigasi yang berlaku di Malaysia melarang pihak luar untuk menemui tersangka selama 7 hari pada batas pertama masa investigasi, mengakibatkan kemenlu memerlukan waktu untuk bisa mendapatkan akses konsuler.

"Kami berikan pendampingan semaksimal mungkin membantu dari segi hukum dengan menunjuk pengacara dan kasih pendampingan selama penyelidikan," ujar Arrmanatha kepada wartawan di Jakarta, Minggu 19 Februari 2017. 

Menurut Arrmanatha, pengiriman pengacara oleh KBRI di Kuala Lumpur itu menindaklanjuti komunikasi yang dilakukan Menteri Luar Negeri RI dengan Menlu Malaysia.

Bandara Internasional Kuala Lumpur jadi lokasi terbunuhnya Kim Jong Nam. (REUTERS)  

Sebelumnya, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Sabtu, 18 Februari, kemarin berkomunikasi dengan Malaysia untuk menegaskan kembali permintaan akses kekonsuleran terhadap Aisyah yang saat ini masih ditahan

"Akses kekonsuleran dibutuhkan agar KBRI dapat memastikan hak-hak hukum Aisyah terpenuhi sepanjang proses hukum yang dijalaninya," tambahnya.

Kepolisian Malaysia berjaga di sekitar lokasi pembunuhan Kim Jong Nam. (THESTRAITSTIMES)

Sementara itu, ditemui secara terpisah di Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang Banten, kedua orangtua Siti Aisyah masih tak percaya dengan status tersangka yang didapat anaknya.

Bena, ibu dari Siti Aisyah menuturkan bahwa Isyah, panggilan keseharian Siti Aisyah merupakan sosok pendiam yang tak banyak tingkah.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (NET)

"Ya bergaul biasa di sini doang, paling ngaji, sekolah" ujar Bena.

Bena menuturkan, anak bungsunya itu kerap menanyakan berkomunikasi dengan dirinya. Percakapan melalui telepon dilakukan tanggal 13 Februari lalu menunjukkan Isyah dalam kondisi baik.

"Waktu itu ngomongnya biasa, sehat mak? Lagi apa? udah ya ma telfonnya, mau keluar. Udah gitu ," ujar Bena menirukan percakapan terakhirnya bersama sang anak.

Asria berharap anaknya dalam kondisi baik di tahanan Malaysia. (NET/Anan)

Asria, ayah Siti mengaku putrinya sama sekali tidak memiliki keterampilan, bahkan hanya lulusan sekolah dasar. "Iya SD doang. Tidak ada keterampilan lain. Makanya tidak percaya, ya bingung makanya soal ini. 

Kendati demikian, keduanya pun berterima kasih kepada pemerintah lantaran berupaya memberikan pendampingan hukum. Pemerintah saat ini telah menugaskan pengacara retainer Kedubes RI di Malaysia, Gooi dan Azura untuk mengetahui kondisi terkini Siti Aisyah.

ANDRY SURYAWENATA | DESYTA PURI | ANAN SURYA

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments