hero

EDITOR : AULIA RAHMAT

18 Februari 2017, 15:05 WIB

BELGIA

Parlemen Uni Eropa mengadakan musyawarah untuk membahas regulasi tentang perkembangan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) dan robot. beberapa usulan yang masuk antara lain: kode etik kecerdasan buatan dan skema pembayaran ganti rugi atas kecelakaan pada mobil otonom (driverless cars).

"Uni Eropa harus membuat pengaturan terhadap perkembangan teknologi sendiri. Jangan sampai kami mengikuti aturan yang ditetapkan oleh negara ketiga (Cina)," tulis Uni Eropa pada sebuah pers rilis.

Uni Eropa mendesak untuk segera dilegalkannya undang-undang yang mengatur mobil otonom. Ini disebabkan karena banyaknya kecelakaan yang dialami oleh pengguna mobil tanpa sopir tersebut. Undang-undang menjelaskan ihwal siapa yang harus bertanggung jawab atas kecelakaan yang terjadi. Apkah pengguna atau produsen mobil.

Tidak semua usulan diterima forum. Salah satu proposal yang tidak disetujui adalah penerapan pajak pada industri robot. 

Pajak diterapkan untuk mengumpulkan uang. Uang kemudian digunakan untuk memberi pelatihan kerja bagi karyawan yang terdampak atas beroperasinya robot-robot di pabrik.

Mady Delvaux, anggota parlemen Uni Eropa, kecewa terhadap koalisi di parlemen yang menolak rencana pajak robot. 

"Mereka menolak pemikiran baru serta debat terbuka. Mereka tidak memperhatikan keberlangsungan hidup manusia yang secara langsung terancam oleh keberadaan robot-robot itu," kata Delvaux seperti dikutip dari laman New Atlas, Jumat, 17 Februari 2017.

Sebaliknya, penolakan pajak robot disambut positif oleh pelaku industri. Federasi Robot Internasional (IFR) mengatakan, pajak robot hanya akan menghambat perkembangan industri, inovasi, dan daya saing.

Alhasil, Parlemen Uni Eropa melewati resolusi ini dengan lancar. Rancangan undang-undang berhasil diketuk palu. Sebanyak 396 setuju, 123 menolak, dan 85 suara abstain. 

NEW ATLAS

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments