hero
Orangutan di penangkaran. (REUTERS)

EDITOR : TITO SIANIPAR

16 Februari 2017, 15:10 WIB

KALIMANTAN TENGAH, INDONESIA

Kepolisian Resor Kapuas, Kalimantan Tengah menangkap sepuluh orang yang diduga membunuh dan mengkonsumsi orangutan. Mereka adalah para pekerja perkebunan sawit di wilayah tersebut.

"Kami menangkap sepuluh orang, lengkap dengan peran masing-masing hasil pengembangan pemeriksaan di Polsek Kapuas Hulu," kata Kepala Polres Kapuas Ajun Komisaris Besar Jukiman Situmorang, Rabu, 15 Februari 2017 malam.

Mereka antara lain ada yang bertindak sebagai eksekutor atau membunuh orangutan, membantu eksekusi, memasak, hingga yang mengkonsumsi daging. "Semuanya kami tangkap," kata Jukiman.

Pembantaian orangutan menjadi viral pasca foto-foto pembunuhan dan proses memasaknya viral di internet. Dalam imaji itu tergambar bagaimana para pelaku membunuh hingga memasak dan memakan daging orangutan.

Para pelaku di Polres Kapuas. (NET/Topan)

Dari hasil pemeriksaan diketahui para pelaku adalah pekerja di area perkebunan kelapa sawit di Kecamatan Tumbang Puroh, Kapuas, Kalimantan Tengah. Mereka dicokok dari lokasi mereka pada Rabu, 15 Februari 2017.

Para pelaku, yang salah satunya bernama Ariyanto, kini berada di tahanan Polres Kapuas untuk diperiksa lebih lanjut. Sementara polisi juga menyita sejumlah barang bukti yang mereka gunakan membantai orangutan.

Antara lain sepucuk senapan angin, dua bilah parang, lima ruas tulang orangutan, 448 potong daging orangutan, dua panci alat pemasak daging, dan beberapa barang bukti lainnya.

Mereka memasak daging orangutan. (NET/Topan)

Orangutan adalah hewan yang dilindungi dan oleh lembaga Perserikatan Bangsa-bangsa ditetapkan sebagai spesies yang sangat terancam punah. Habitat orangutan dunia hanya ada di Indonesia, yakni Sumatera dan Kalimantan.

TOPAN SETIAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments