hero
Kim Jong-nam. (REUTERS)

EDITOR : REZA ADITYA

16 Februari 2017, 17:40 WIB

MALAYSIA

Kepolisian Malaysia menangkap satu lagi perempuan yang diduga kuat sebagai pembunuh Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin tertinggi Korea Utara Kim Jong-un. Kali ini, yang ditangkap merupakan warga negara Indonesia.

"Dia positif teridentifikasi melalui CCTV di bandara," kata Kepala Kepolisian Malaysia, Inspektur Jenderal Khalid bin Abu Bakar, melalui keterangannya, Kamis, 16 Februari 2017. "Saat ditangkap pelaku seorang diri."

Khalid menjelaskan identitas perempuan itu bernama Siti Aisyah, kelahiran Serang, 11 Februari 1992.  Polisi masih menyelidiki peran Siti dalam pembunuhan Jong-nam.

Paspor WNI yang diduga membunuh Kim Jong-nam.

 

Polisi Malaysia, kata Khalid, terus melakukan investigasi untuk menangkap pelaku lainnya. Diduga masih ada empat eksekutor yang masih berkeliaran di Negeri Jiran.

Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia Kementerian Luar Negeri Lalu Muhammad Iqbal membenarkan ada anak bangsa yang ditangkap atas dugaan pembunuhan kakak tiri Kim Jong-un. Lembaganya, kata dia, akan menindaklanjuti hal itu.

"KBRI meminta akses kekonsuleran kepada pemerintah Malaysia untuk dapat memberikan pendampingan," kata Iqbal. "Memastikan hak-hak hukumnya terpenuhi. Saat ini staf dalam perjalanan menuju Selangor."

Kim Jong-nam tewas saat sedang menunggu penerbangan ke Macau pada Senin, 13 Februari 2017 di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur. Jong-nam diduga mati karena diracun.

Musababnya, ada sekelompok orang yang sempat menyergapnya dan diduga menyemprotkan sebuah cairan kimia di wajahnya. Pria berusia 45 tahun itu sempat melapor ke otoritas keamanan bandara dan mengaku sakit kepala.

Jong-nam kemudian dibawa ke rumah sakit Putrajaya. Namun, nyawanya tak tertolong. Polisi Malaysia dua hari berikutnya menangkap seorang perempuan asal Vietnam yang diduga sebagai eksekutor pembunuh anak sulung Kim Jong-il itu.

Kini, giliran warga negara Indonesia yang ditangkap dan diyakini berkomplot membunuh Jong-nam.

STRAITS TIMES | TIM LIPUTAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments