hero
Salah seorang yang diduga pelaku pembunuhan terhadap orang utan. (NET/Topan)

EDITOR : REZA ADITYA

14 Februari 2017, 23:30 WIB

KALIMANTAN TENGAH, INDONESIA

Aksi pembunuhan sadis terhadap orangutan terjadi salah satu kawasan perusahaan sawit di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Kapolres Kapuas AKBP Jukiman Situmorang mengatakan institusinya langsung turun ke lapangan terkait hal itu.

"Tim sudah berada di Sei Hanyu, terpatnya di PT Susantri Permai dan masih melaksanakan penyelidikan," kata Jukiman, Selasa, 14 Februari 2017. "Terkait gambar yang ada masih harus dipelajari dan dicocokan di lapangan."

Orang utan yang tewas akibat dibunuh. (NET/Topan)

Sebelumnya, beredar gambar yang mengabadikan sekelompok orang memburu orangutan yang diduga nyasar dan masuk di lahan perkebunan PT Susantri Permai. Mereka menembaki orangutan itu dan menggorok lehernya.

Bangkai primata itu dibawa ke salah satu kamp untuk dikuliti. Setelah itu, kelompok orang itu meletakkan potongan tubuh gorila pada sebuah panci dan kuali. Diduga sebagai santapan.

Warga yang menguliti potongan tubuh orang utan setelah dibunuh. (NET/Topan)

 

Gambar itu menjadi viral di media sosial. Jukiman mengatakan insitusinya saat ini sedang mengejar pelaku pembantaian terhadap satwa dilindungi itu.

"Kami mengharap ada info yang lebih detil, terkait dengan saksi pelapor," ujar dia. "Sehingga proses lidik terkait siapa pelaku, di mana dan bagaimana dengan cara apa kami dapatkan agar kejadian ini dapat diungkap secara cepat."

Orang utan yang tewas. (NET/Topan)

 

Orangutan merupakan salah satu hewan yang dilindungi berdasarkan Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. 

TOPAN SETIAWAN

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments