hero
Rizieq Shihab tunjukkan tesisnya yang dipersoalkan Sukmawati Soekarnoputri. (NET/Anggi)

EDITOR : OCTOBRYAN

13 Februari 2017, 11:00 WIB

BANDUNG, INDONESIA

Tersangka kasus penghinaan lambang negara dan pencemaran nama baik, Rizieq Shihab akhirnya penuhi panggilan penyidik Polda Jawa Barat di Jalan Soekarno-Hatta, Bandung. 

Rizieq yang didampingi sepuluh pengacara memasuki gedung Direktorat Kriminal Umum. Ia menolak berkomentar banyak saat ditanya awak media yang sudah menunggunya.

Rizieq Shihab datangi Polda Jawa Barat. (NET/Anggi)

"Alhamdulillah, hari ini saya dalam keadaan sehat. Saya penuhi panggilan dari penyidik Polda Jabar untuk jalani pemeriksaan," ujar Rizieq, Senin, 13 Februari 2017.

Tokoh Front Pembela Islam ini juga membawa satu eksemplar tesis ilmiahnya yang berjudul "Pengaruh Pancasila Terhadap Penerapan Syariat Islam di Indonesia". 

Rizieq Shihab diperiksa sebagai tersangka kasus penghinaan lambang negara dan pencemaran nama baik. (NET/Anggi)

Tesis yang ditulis untuk mendapatkan gelar magister di Universitas Malaya, Malaysia ini sebelumnya dijadikan dasar ceramah Rizieq di Bandung tahun 2011 silam. Ceramah itu kemudian dipersoalkan Sukmawati Soekarnoputri karena dianggap menghina Pancasila dan proklamator Soekarno.

"Tesis ini kami akan serahkan ke penyidik untuk dipelajari apa yang saya bicarakan tentang Pancasila," lanjut Rizieq.

BACA JUGA:
Firza Keberatan Polisi Periksa Pornografi dengan Rizieq
Kapolda: Balada Cinta Rizieq-Firza Mirip Ariel-Luna
Rizieq Shihab Ogah Jadi Tersangka
Sukmawati: Rizieq Tidak Jantan

Sebelumnya, Rizieq Shihab dua kali mangkir atas panggilan pemeriksaan di Polda Jawa Barat. Surat pertama dikirim untuk agenda pemeriksaan pada Selasa, 7 Februari 2017.

Namun dia tak hadir karena mengaku kelelahan. Surat panggilan kedua dikirim pada Rabu lalu untuk agenda pemeriksaan pada Jumat, 10 Februari 2017. Tapi Rizieq menolak hadir.

Rizieq ditetapkan sebagai tersangka pada Senin, 30 Januari 2017. Status tersangka setelah gelar perkara dengan pemeriksaan 18 saksi. Perbuatan Rizieq dianggap memenuhi Pasal 154 A tentang Penodaan pada Lambang Negara dan Pasal 320 tentang Pencemaran Nama Baik pada Kitab Undang-undang Hukum Pidana.

ANGGI PUTRA

1

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments