hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

12 Februari 2017, 12:00 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Jika kamu memperhatikan kukumu, terkadang suatu waktu timbul bercak putih. Tetapi dalam hitungan minggu atau bulan, bercak putih itu tiba-tiba hilang. Pernahkan kamu bertanya-tanya bercak putih apakah itu. Itu adalah bintik leukonikia atau kadang orang menyebutnya bintik susu.

(SCISHOW)

Secara umum, bintik susu ini tidak berbahaya. Meskipun banyak orang bilang bintik susu ini sebagai gejala kekurangan kalsium dan seng, tetapi ini tidak benar. Bintik susu timbul karena adanya trauma pada kuku, yang bisa disebabkan oleh benturan atau gesekan.

Jadi ketika tanganmu terbentur, perhatikan dalam beberapa hari, bintik susu itu pasti akan muncul. Bintik susu ini terbentuk di dasar kuku dan bergerak menuju ujung kuku seiring pertumbuhan kuku itu sendiri. 

(SCISHOW)

Kuku manusia tumbuh sepanjang 3,5 mm setiap bulan. Jika bintik susu itu terletak di tengah kukuberarti benturan atau gesekan keras pada tangan terjadi kira-kira seminggu sebelumnya.

Penyebab lain yang paling umum dari bintik susu adalah keracunan. Tetapi lain halnya dengan benturan atau gesekan, bintik susu ini diiringi warna kuku yang cenderung kebiruan atau keunguan. 

Bintik susu baru akan timbul dua bulan setelah kamu keracunan. Jadi, kamu pun tidak sadar jika telah keracunan.

(SCISHOW)

Namun, perhatikan jika warna kukumu menguning, teksturnya mengeras dan tidak segar, itu artinya kamu mengalami infeksi jamur kukuDengan demikian, pada dasarnya bintik susu pada kuku tidak berbahaya.

Tetapi jika diikuti gejala lain seperti yang sudah dijelaskan di atas, maka kamu bisa memeriksakannya ke dokter spesialis.

 

THRILLIST

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments