EDITOR : REZA ADITYA

11 Februari 2017, 14:30 WIB

INDONESIA

Asido dan Felicia tak menyangka prosesi pernikahannya di Gereja Katedral berbarengan dengan aksi damai 112 di Masjid Istiqlal. Namun kedua pasangan muda itu tak menyurutkan niatnya untuk tetap berikrar sehidup semati.

Pada Sabtu, 11 Februari 2017 pagi, kedua pasangan itu beserta keluarga besarnya berangkat menuju Katedral dari kediamannya. Perjalanan mereka sempat tersendat saat hendak memasuki Katedral.

Pasangan pengantin di aksi 112. (NET)

 

Musababnya, peserta aksi tumpah ruah ke sekitar Jalan Banteng Barat, rute yang membelah antara Katedral dan Istiqlal. Rombongan manten kemudian memutuskan berjalan kaki menuju ke Istiqlal.

Dengan mengenakan pakaian pengantin, kedua mempelai itu, menerobos barisan peserta aksi damai. Makmum aksi 112 melihat mereka, dan langsung memberikan jalan kepada dua sejoli itu.

Dalam guyuran rintik hujan, massa aksi juga memberikan payung kepada pasangan manten itu. Mengantarkannya sampai ke Katedral.

"Ada orang menikah, kami harus membantu," kata Andre Yahya, salah satu peserta aksi. "Kami memang menggangu dari pintu Katedral. Jadi semuanya harus tahu diri."

Pasangan yang menikah di aksi 112 ini dikawal peserta aksi damai. (NET)

 

Andre mengatakan aksi mengawal manten meski beda agama ini sebagai bentuk toleransi umat Islam. "Karena memang kami yang hadir dalam aksi ini adalah aksi damai. Dan di Indonesia kan agama bermacam-macam."

Adapun Asido dan Felicia mengaku senang dengan kepedulian yang dilakukan oleh peserta aksi. "Walaupun kami harus berjalan kaki hujan-hujanan, tapi betapa baiknya mereka mau memayungi kami sampai ke sini."

Asido mengaku ini merupakan bentuk toleransi antarumat beragama. "Kami sangat menghargai itu," ujar dia.

Asido dan Felicia merupakan pasangan pengantin kedua yang prosesinya bertepatan dengan aksi damai sejumlah organisasi Islam. Pada aksi damai 411 lalu, ada pasangan Wiwi Margaretta dan Andreas Gunawan.

DESYTA PUTRI

11

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments