hero

EDITOR : DASNITA M. SINAGA

10 Februari 2017, 06:30 WIB

JAKARTA, INDONESIA

Karena rasanya enak dan praktis dibuat, nggak heran nasi goreng menjadi salah satu menu sarapan pagi yang sering hadir di meja makan orang Indonesia. Sayangnya olahan nasi, sambal dan kecap ini ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

Apa saja bahayanya? Simak ulasannya berikut!

Bahan Dasar Nasi yang Dipanaskan

Nasi goreng rendang. (WONDERFOOD)

Beras tidak hanya kaya vitamin, mineral dan asam amino, tetapi juga mengandung spora dari bakteri yang bertahan hidup bahkan setelah proses masak. Itulah kenapa, beras yang sudah menjadi nasi tidak boleh dipanaskan kembali karena akan membuat bakteri berkembang biak.

Nasi Goreng Mengandung Akrilamid

Nasi goreng dengan telur dan acar. (WODERFOOD)

Akrilamid merupakan senyawa penyusun poliakrilamid yang sering digunakan dalam pembuatan plastik, kertas atau tekstil. Namun, senyawa ini juga bisa muncul pada makanan dan bisa berbahaya serta berpotensi menyebabkan kanker.

Lembaga Administrasi Pangan Nasional Swedia (NFA) pada tahun 2002 menyatakan bahwa akrilamid terkandung pada makanan berkabohidrat yang dimasak pada suhu tinggi (lebih dari 120 derajat Celcius) seperti digoreng, dipanggang dan dibakar. Contohnya kentang goreng, keripik pisang dan nasi goreng.

Dalam 1 kg sampel nasi goreng, mengandung senyawa akrilamid 60 per kilogram, keripik pisang 700 perkilogram, sementara keripik kentang mengandung 1700  per kilogram

Makan Nasi Goreng dengan Mentimun

NAsi Goreng. (WONDERFOOD)

Nasi yang digoreng dengan minyak tidak baik akan terkontaminasi oleh racun, kemudian bercampur dengan air atau getah pada mentimun, maka dapat menyebabkan radang pada tenggorokan.

Selain itu, minyak yang digunakan untuk menggoreng nasi, kandungan lemaknya bisa berubah menjadi trans yang sangat membahayakan tubuh.

Nasi Goreng Didiamkan Terlalau Lama

Kandungan zat akrilamid pada nasi goreng akan lebih berbahaya jika didiamkan terlalu lama.

 

Nasi goreng ala Eropa. (WONDERFOOD)

Buat kamu yang udah terlanjur cinta dengan nasi goreng, masih bisa kok menjadikan makanan ini sebagai menu sarapan pagi sehat. Caranya gunakan minyak goreng baru dalam jumlah sedikit saat menggoreng, perbanyak jumlah sayuran, telur dan daging sebagai campuran, dan banyak minum air putih setelah makan nasi goreng.

 

WONDER FOOD

8

shares
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments