hero
Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali (tengah) dan Ketua Kamar Pidana Artidjo Alkostar (ketiga dari kiri) melakukan penyamaran saat sidak di sejumlah pengadilan di wilayah Jabodetabek pada Kamis, 26 Januari

EDITOR : REZA ADITYA

4 Februari 2017, 15:05 WIB

INDONESIA

Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali membuat terobosan untuk mengawasi pelayanan publik di lingkup peradilan. Caranya, dengan melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pengadilan di wilayah Jabodetabek.

"Inspeksi mendadak (sidak) dilakukan pada Kamis, 26 Januari 2017 kemarin," kata Kepala Biro Hukum Mahkamah Agung Ridwan Mansyur, Sabtu, 4 Februari 2017.

Ridwan mengatakan Hatta Ali rela menggunakan jenggot palsu dan juga mengenakan topi demi penyamarannya. Hatta, kata Ridwan, berperan sebagai pencari keadilan kepada petugas pengadilan.

 

"Dan memastikan tidak ada oknum pungutan liar dan penyimpangan," ujar dia. Dalam sidak kemarin, ditemukan beberapa penyimpangan yang langsung ditindak Badan Pengawas MA.

"Kami tidak segan memecat pelaku penyimpangan di lembaga peradilan," ujar dia. "Kegiatan ini sudah diprogramkan setelah terbit peraturan Mahakamh Agung tentang pengawasan."

Tak hanya Hatta, sejumlah hakim agung lainnya juga ikut menyamar dalam sidak ini. Seperti Ketua Kamar Pidana Artidjo Alkostar.

Dalam penyamarannya, Artidjo mengenakan kopiah putih, sorban, sarung dan sandal jepit. Kemudian ada juga Ketua Kamar Agama Abdul Manan.

Abdul menyamar dengan mengenakan topi cokelat, kacamata hitam dan juga t-shirt dengan kerah kuning. Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Nonyudisial Suwardi juga ikut menyabur.

Suwardi rela menggunakan kumis palsu dan topi cokelat sembari membawa berkas untuk mengelabui bawahannya. Wakil Ketua MA Bidang Yudisial Syarifuddin juga ikut-ikutan pakai rambut palsu.

"Jadi para hakim agung ini berdandan agar tak dikenali bawahannya dalam sidang," ujar Ridwan. "Dan ketika mereka sedang berbicara dengan advokat di musala dan pihak lain kami rekam."

Seperti apa serunya penyamaran mereka? Yuk! Simak videonya.

MELISA LOLINDU

 

0

share
X

Report Comment

You must login to report comment

<% totalComment() %>
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments
No Comment Yet
<% comment.user.name %>
  • reply
  • <% child.user.name %>
    View More Comments
View More Comments